Kementerian Keuangan Akan Terbitkan Global Bond Akhir Tahun

Minggu, 20 November 2016 - 00:12 WIB
Kementerian Keuangan Akan Terbitkan Global Bond Akhir Tahun
Kementerian Keuangan Akan Terbitkan Global Bond Akhir Tahun
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana menerbitkan surat utang berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) atau global bond pada akhir 2016. Saat ini, pemerintah masih melakukan kajian jumlah yang dibutuhkan untuk kebutuhan pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2017.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sebelum menerbitkan global bond, pihaknya akan terlebih dahulu melihat kondisi yang ada saat ini. Apalagi, saat ini kondisi pasar keuangan belum sepenuhnya stabil paska pemilihan Presiden di Amerika Serikat (AS).

"Kami akan terus melakukan kajian mengenai kebutuhan pada bulan Januari dan tentu dengan melihat kondisi yang terjadi saat ini maupun sampai Desember. Jadi seberapa banyak kebutuhannya dan waktu yang tepatnya kapan," katanya di Gedung Pengurus Besar Nadhlatul Ulama, Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

Menkeu memperkirakan pada awal tahun 2017, pemerintah membutuhkan pembiayaan sekitar Rp80 triliun. Jumlah tersebut adalah untuk membayar gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan transfer ke daerah.

"Sebanyak Rp80 triliun untuk pembayaran gaji, transfer dan lain-lain. Tentu pada dua minggu pertama," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5852 seconds (0.1#10.140)