AS Fokus Selamatkan Travis King dari Cengkeraman Kim Jong Un

Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:22 WIB
loading...
AS Fokus Selamatkan Travis King dari Cengkeraman Kim Jong Un
Tentara AS Traving King (mengenakan kaos hitam dan peci hitam) terlihat di gambar saat turn di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Tidak pernah mudah bagi Amerika Serikat (AS) untuk memulangkan warganya dari Korea Utara , salah satu negara paling terisolasi di dunia. Tugas itu mungkin lebih sulit dalam kasus Prajurit Travis King, dengan komunikasi antar negara sekarang hampir tidak ada.

King, seorang prajurit Angkatan Darat AS yang aktif bertugas di Korea Selatan, berlari ke Korea Utara saat melakukan tur sipil di Zona Demiliterisasi di perbatasan antara kedua Korea.



"Washington sepenuhnya dimobilisasi untuk mencoba menghubungi Pyongyang tentang dia," kata Sekretaris Angkatan Darat AS Christine Wormuth , tetapi Korea Utara belum menanggapi.

Sejak Presiden AS Joe Biden menjabat pada tahun 2021, kontak terbatas antara Washington dan Pyongyang telah berhenti karena upaya administrasi Trump untuk bernegosiasi mengenai program senjata nuklir Korea Utara gagal dan Korea Utara menutup perbatasannya sebagai tanggapan terhadap COVID-19.

Ini situasi yang berbeda dari yang dihadapi kebanyakan negosiator sebelumnya.

"Korea Utara tidak menunjukkan minat untuk berdialog dengan kami saat ini," kata Thomas Hubbard, pensiunan duta besar AS yang melakukan perjalanan ke Pyongyang pada 1994 untuk membawa kembali Bobby Hall, anggota terakhir militer AS yang ditahan di Korea Utara.

Saat itu, pejabat AS baru saja menyelesaikan perjanjian nuklir awal dengan ayah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Jong Il.

"Kami berada di waktu yang sangat berbeda," kata Hubbard. "Orang Korea Utara melihat mereka memiliki kepentingan dalam hubungan dengan Amerika Serikat."

Negosiator AS memiliki beberapa cara untuk mencapai Korea Utara. Negara-negara tersebut tidak memiliki hubungan diplomatik dan Swedia, yang secara resmi mewakili kepentingan AS di Pyongyang, menarik diplomatnya pada Agustus 2020 di tengah pandemi virus corona.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)