alexa snippet

Elnusa Berharap Pertamina Investasi di Blok Mahakam 2017

Elnusa Berharap Pertamina Investasi di Blok Mahakam 2017
PT Elnusa Tbk (ELSA) b?erharap PT Pertamina segera mendapat restu dari SKK Migas untuk berinvestasi di Blok Mahakam tahun depan. Grafis/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - PT Elnusa Tbk (ELSA) b‎erharap PT Pertamina segera mendapat restu dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk berinvestasi di Blok Mahakam, mulai tahun depan. Sebab, Pertamina seharusnya baru bisa mulai berinvestasi di blok migas tersebut pada 2018.

Direktur Utama Elnusa ‎Tolingul Anwar mengungkapkan, saat ini pengelolaan Blok Mahakam masih berada di tangan Total E&P Indonesie. Namun, kontrak Total di blok tersebut akan berakhir pada 2017 dan dialihkan ke Pertamina.

Proses peralihan tersebut, kata dia, menyebabkan aktivitas Total di blok migas itu ikut mengalami penurunan. Akibatnya, kinerja Elnusa di Blok Mahakam turut tergerus sekitar 10%.

"‎Karena kan beberapa aktivitas biasa kalau mau expire ada sedikit slow down. Dengan slow down beberapa service juga slow down. Sekitar 10% (pendapatan Elnusa turun) dari revenue yang ada di situ di Total Indonesie," katanya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Menurutnya, jika Pertamina bisa berinvestasi di Blok Mahakam mulai tahun depan, maka pendapatan Elnusa pun bisa kembali meningkat. Oleh sebab itu, dia berharap SKK Migas dapat segera memberikan restu kepada Pertamina untuk melakukan pengeboran di Blok Mahakam tahun depan.

"Secara kontraktual kita masih panjang, artinya akan di-take over Pertamina akhir 2017. ‎Begitu SKK Migas mengizinkan investasi Pertamina lebih dini dan di-recovery, itu akan kembali lagi," tandas dia.



(izz)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top