BRI Dorong Nasabah Simpedes dan Pelaku Usaha Ultra Mikro Lakukan Transaksi Digital

Senin, 24 Juli 2023 - 14:13 WIB
loading...
BRI Dorong Nasabah Simpedes dan Pelaku Usaha Ultra Mikro Lakukan Transaksi Digital
BRI terus mendorong nasabah Simpedes dan pelaku usaha ultra mikro (UMi) bertransaksi melalui aplikasi digital. Foto/BRI/Istimewa
A A A
KARAWANG - BRI Kantor Cabang Karawang terus mendorong nasabah Simpedes dan pelaku usaha ultra mikro (UMi) bertransaksi melalui aplikasi digital . BRI memiliki sejumlah aplikasi digital untuk transaksi, seperti BRImo dan BRISpot.

Pimpinan Cabang BRI Kawarang Iman Surahman mengatakan, transaksi keuangan secara digital memberikan banyak kemudahan bagi nasabah. Dengan teknologi digital yang dimiliki BRI, seperti aplikasi BRImo, nasabah dapat bertransaksi tanpa harus datang ke bank sehingga prosesnya lebih cepat.

“Aplikasi BRImo bisa digunakan nasabah Simpedes untuk bertransaksi keuangan secara cepat dan mudah. Salah satu fiturnya QRIS, membantu nasabah bertransaksi lebih cepat dengan memindai (scan) kode pembayaran,” kata Iman Surahman saat acara Pesta Rakyat Simpedes di halaman BRI Kantor Cabang Karawang, Sabtu (22/7/2023).



Selain aplikasi BRImo, untuk mendorong transaksi digital BRI Kantor Cabang Karawang juga menyediakan mesin EDC di semua toko mitra. Mesin EDC atau Electronic Data Capture berfungsi mendukung proses penerimaan pembayaran dari konsumen pengguna kartu debit atau kredit.

“BRI mendorong transaksi digital yang menjadi program pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang tunai. Sebab, salah satu indikator sebuah negara maju dilihat dari berapa banyak transaksi yang dilakukan secara digital,” ujar Iman Surahman.

Sementara itu, Manager Bisnis Mikro BRI Kantor Cabang Karawang, Jaka Pratama mengatakan total nasabah Simpedes sampai 30 Juni 2023 sekitar 613.900 orang dengan total dana simpanan Rp1,06 triliun. Untuk nasabah peminjam mencapai 47.732 debitur dengan total dana pinjaman Rp1,9 triliun.

BRI Kantor Cabang Karawang memberikan apresiasi kepada nasabah Simpedes dengan menggelar kegiatan Pesta Rakyat Simpedes setiap 6 bulan sekali. Pada acara Pesta Rakyat Simpedes kali ini ada 27 hadiah untuk nasabah Simpedes, berupa 2 unit mobil sebagai hadiah utama, 15 unit sepeda motor, dan 10 unit televisi.

Penggunaan teknologi digital juga dilakukan BRI Kantor Cabang Karawang untuk penyaluran pinjaman kepada pelaku usaha ultra mikro (UMi). Aplikasi yang digunakan para Mantri dan agen Mitra UMi untuk menyalurkan pinjaman, adalah BRISpot dan BRILink Mobile.

Manager Ultra Mikro Departemen, Regional Office Jakarta 2, Nyoman Fanny Swarandana, mengatakan saat ini di wilayah Karawang ada sekitar 532 agen mitra UMi. Penyaluran pinjaman periode Januari – Juni 2023 berjumlah 2.561 debitur dan total plafon sekitar Rp13,3 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)