Pegadaian Ikut Bersihkan Pantai Melawai Balikpapan melalui BUMN Environmental Movement

Senin, 24 Juli 2023 - 15:52 WIB
loading...
Pegadaian Ikut Bersihkan Pantai Melawai Balikpapan melalui BUMN Environmental Movement
BUMN Environmental Movement digelar di kota Balikpapan, pada 22-23 Juli 2023. (Foto: dok Pegadaian)
A A A
BALIKPAPAN - Menteri BUMN Erick Thohir kembali mengajak seluruh masyarakat dan milenial BUMN untuk menjaga keindahan dan kelestarian alam di Tanah Air. Kali ini kegiatan BUMN Environmental Movement digelar di kota Balikpapan, pada 22-23 Juli 2023.

Lebih dari 125 milenial BUMN termasuk 20 milenial PT Pegadaian, mengikuti kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar Pantai Melawai didampingi oleh Startup Plustik. Tercatat sebanyak 1,1 ton sampah meliputi sampah botol plastik, kantong plastik, dan ranting pohon yang ada di bibir pantai Melawai berhasil dikumpulkan.

Di hari kedua, Kegiatan kembali dilanjutkan dengan gelaran workshop pengolahan sampah dengan mengundang lebih dari 150 pelaku UMKM Kota Balikpapan Binaan Pegadaian dan Pertamina, yang dihadiri oleh Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

“Pak Erick mendorong BUMN menjadi motor penggerak terhadap pengolahan sampah agar bisa jadi manfaat ekonomi untuk masyarakat. Mulai sekarang sampah sampah rumah tangga jangan dibuang, lebih baik dikumpulkan dan dikirim ke bank sampah binaan Pegadaian untuk diinvestasikan jadi tabungan emas.” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Balikpapan, Julianto juga menyampaikan bahwa saat ini Pegadaian sudah membina 75 bank sampah di Indonesia dengan total sebanyak 9000 nasabah sudah punya rekening tabungan emas.

“Semua nasabah bank sampah pasti punya rekening tabungan emas, nasabah baru bank sampah pun akan dibukakan tabungan emas oleh Pegadaian” ucap Julianto.

Hasil daur ulang sampah yang berhasil dikumpulkan oleh masyarakat, milenial BUMN bersama Startup Plustik, nantinya akan diolah menjadi barang berdaya guna seperti paving block, tas belanja pengganti tas plastik sampai phone holder yang juga ditampilkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan BUMN Environmental Movement Balikpapan kali ini merupakan kegiatan yang ke-4 didukung oleh BUMN Pegadaian dan juga Pertamina.

Sebelumnya sudah pernah diadakan juga di kota Labuan Bajo, Solo dan Palembang. Selanjutnya setelah Balikpapan harapannya kegiatan ini terus berlanjut digelar di kota-kota lainnya di Indonesia.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)