Industri FMCG Indonesia Tumbuh Paling Tinggi

Sabtu, 03 Desember 2016 - 06:32 WIB
Industri FMCG Indonesia Tumbuh Paling Tinggi
Industri FMCG Indonesia Tumbuh Paling Tinggi
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan industri fast moving consumer goods (FMCG) pada kuartal III 2016 mencapai 4,8%, mengalahkan pertumbuhan industri sejenis di negara-negara Asia yang hanya 3%. Meski pertumbuhan ini belum setinggi periode sebelumnya yang mencapai 9,9%, namun ini menunjukkan pasar Indonesia tetap membaik.

"Ini karena dukungan fundamental ekonomi yang kuat dilihat dari inflasi rendah, pengangguran turun, nilai tukar rupiah stabil, dan pembangunan infrastruktur yang terus berjalan," kata New Business Development Director Kantar World Panel, Fanny Murhayati di Jakarta, Sabtu (3/12/2016).

Adapun survei Kantar World Panel menyebutkan, saat ini konsumen lebih selektif dalam memilih produk FMCG seiring dengan naiknya harga produk tersebut. Hal ini juga yang menjawab mengapa pertumbuhan pada kuartal III 2016 tidak sepesat periode sebelumnya.

CEO Kantar Worldpanel Asia, Marcy Kou mengatakan, terdapat tiga hal penentu yang membentuk industri FMCG di masa depan. Yaitu penjualan berbasis digital, transformasi struktur retail, dan perilaku konsumen terhadap berbagai produk.

Untuk penjualan berbasis digital di Indonesia saat ini, pertumbuhan e-commerce sudah maju dengan pesat namun baru untuk produk-produk tertentu saja. Sedangkan untuk FMCG masih kurang dari 1%. "Sehingga ke depannya dapat menjadi pertimbangan bagi produsen, minimal untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat," jelas Marcy.

Dia menambahkan dengan perkembangan digital juga terjadi perubahan struktur retail. Berdasarkan data, kontribusi e-commerce di Korea Selatan terhadap pembelian total FMCG mencapai 16,6%, dengan pertumbuhan sebesar 35%. Tidak hanya di Korea, e-commerce juga berkembang pesat di China dengan pertumbuhan 47% dan Taiwan dengan pertumbuhan 31%.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9377 seconds (0.1#10.140)