Doa Menghilangkan Jerawat dan Tips yang Diajarkan Nabi

Selasa, 25 Juli 2023 - 23:45 WIB
loading...
Doa Menghilangkan Jerawat dan Tips yang Diajarkan Nabi
Rasulullah mengajarkan doa menghilangkan jerawat dan meminta salah satu istri beliau menggunakan minyak Dzarirah. Foto/ist
A A A
Doa menghilangkan jerawat ini redaksinya pendek dan mudah dihafal. Dalam kamus Al-Munawwir, jerawat disebut dengan istilah الـحَبَّةُ، البَثْرَةُ (al-habbatu, al-batsrotu).

Jerawat adalah benjolan kecil yang tumbuh di lapisan kulit dan sering muncul di permukaan wajah. Umumnya disebabkan tersumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran dan sebagainya. Bisa juga karena perubahan hormonal yang merangsang kelenjar penghasil minyak di kulit.

Islam memberi petunjuk dan tips bagaimana cara mengatasi jerawat. Jauh sebelum munculnya obat modern, Rasulullah ﷺ telah memberi solusi dengan mengajarkan doa dan ramuan berikut.

Doa Menghilangkan Jerawat
Doa menghilangkan jerawat disebutkan oleh Ibnu As-Sunni dalam kitabnya, salah seorang istri Nabi ﷺ menceritakan, "Rasulullah pernah menemuiku, saat itu di jariku tumbuh semacam jerawat (bisul). Beliau bertanya, "Engkau punya minyak wangi Dzarirah?" Aku menjawab, "Punya."

Beliau berkata: "Bubuhkan di jerawatmu itu, lalu ucapkan doa:اللّهُمّ مُصَغّرَ الْكَبِيرِ وَمُكَبّرَ الصّغِيرِ صَغّرْ مَا بِي (Ya Allah yang mengecilkan segala yang besar, dan membesarkan segala yang kecil. Kecilkanlah apa yang ada padaku)." (HR Al-Hakim. Sanadnya sahih namun tidak dikeluarkan Al-Bukhari dan Muslim, dan diakui oleh Adz-Dzahabi)

اللّهُمّ مُصَغّرَ الْكَبِير,ِ وَمُكَبّرَ الصّغِيرِ صَغّرْ مَا بِي

Allaahumma Mushogghirol Kabiir, wa Mukabbirosh Shoghiiri Shoggir Maa Bii.

Artinya: "Ya Allah yang mengecilkan segala yang besar, dan membesarkan segala yang kecil. Kecilkanlah (penyakit) apa yang ada padaku." (HR Al-Hakim)

Atau bisa membaca Doa berikut:

اَللّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ

Allaahumma Muthfi'al Kabiiri wa Mukabbirish Shoghiiri athfi-aha 'anni.

Artinya: "Ya Allah Dzat yang Maha memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku." (HR An-Nasa'i)

Memakai Minyak Dzarirah
Dalam riwayat di atas, Nabi ﷺ menyebut minyak Dzarirah dan meminta istri beliau menggunakannya. Minyak Dzarirah disebut juga jerangau atau Calamus, obat dari India berbentuk wewangian berasal dari sari batang pohon Dzarirah atau pohon arum.

Sifatnya panas dan kering berkhasiat meredakan radang lambung, lever, dan kekurangan cairan tubuh. Bahkan bisa menguatkan jantung. Dzarirah ini berkhasiat mematangkan dan mengeluarkan isi jerawat.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha, menceritakan: "Aku membubuhi minyak wangi kepada Rasulullah dengan dua tanganku dengan minyak Dzirrah, pada waktu Haji Wada' untuk melakukan tahallul dan ihram."

Wallahu A'lam

Baca Juga: Beragam Manfaat Ekstrak Daun Zaitun untuk Kesehatan
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)