8 Jurusan Kuliah Miliarder Dunia, Matematika hingga Filsafat

Rabu, 26 Juli 2023 - 08:35 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah Miliarder Dunia,  Matematika hingga Filsafat
Jurusan Filsafat universitas ternama, London School of Economics (LSE) merupakan almamater miliarder George Soros yang dikenal sebagai pialang saham. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan kuliah miliarder dunia yang penting diketahui. Pendidikan memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan seseorang. Tetapi tanpa pendidikan, sepertinya sulit bagi sesorang untuk bisa meniti kesuksesan dalam hidupnya.

Sebuah survei menyebutkan, sebagian besar orang sukses ditopang oleh pendidikan yang memadai. Secara lebih rinci, sebanyak 75 dari 100 orang terkaya dunia setidaknya pernah mencicipi bangku kuliah. Dirangkum dari telegraph.co.uk/inc.com, berikut jurusan kuliah para miliarder dunia ketika menjadi mahasiswa.

8 Jurusan Kuliah Miliarder Dunia Ketika Jadi Mahasiswa

1.Bisnis

Alumni jurusan bisnis mampu mencatatkan diri sebagai salah satu jurusan favorit daftar orang terkaya dunia. Tercatat setidaknya lebih dari 38 miliarder versi majalah Forbes merupakan lulusan bisnis di kampusnya.Pendiri aplikasi Gojek yang juga saat ini menjabat sebagai Mendikbudristek RI Nadiem Makarim juga jebolan dari Harvard Business School.

Alumni: Ananda Krishnan (pebisnis), lulusan administrasi bisnis di Harvard Business School.

2.Ilmu Ekonomi

Tercatat ada 36 miliiarder merupakan lulusan ekonomi yang kemudian masuk daftar orang terkaya Forbes. Sejak dulu, ekonomi memang menjadi salah satu jurusan favorit, tak terkecuali di Indonesia lantaran prospeknya yang masih dianggap menjanjikan.

Alumni: Charles R Scwab (investor), lulusan ekonomi di Stanford University.


3.Ilmu Hukum

Tercatat ada 15 miliiarder dunia berasal dari jurusan ilmu hukum versi majalah Forbes. Ya, mengetahui segala aspek hukum dalam dunia usaha kini menjadi urusan penting, tak heran kalau seorang pengacara yang menangani urusan hukum korporasi bisa dibayar mahal sekali.

Alumni: Sumner M Redstone (Raja Media, Executive Chairman CBS dan Viacom), lulusan hukum di Harvard University.

4.Teknik

Ilmu teknik selama ini selalu diganjar sebagai jurusan mentereng di kampus mana pun di dunia. Selain menawarkan peluang kerja yang begitu luas dari mulai sipil, kimia, dan elektro, lulusan jurusan ini juga banyak tercatat masuk daftar orang terkaya dunia. Tercatat, setidaknya lebih dari 48 miliarder dunia versi majalah Forbes merupakan lulusan Teknik

Alumni: Carlos Slim Helu (CEO Telmex, America Movil, & Grupo Carso), lulusan teknik sipil di Meksiko

5. Ilmu Kimia dan Fisika

Tercatat ada 8 tokoh miliarder versi majalah Forbes merupakan lulusan sains, ilmu kimia dan fisika. Jika digeluti serius, ternyata para lulusan sains yang menciptakan inovasi baru berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang yang tak sedikit.

Alumni: Oleg Deripaska (Pendiri Basic Element), belajar fisika di Moskow State University.

6.Matematika

Berdasarkan Complete University Guide (CGU), Universitas Cambridge dan Oxford adalah tempat belajar terbaik matematika. Tak heran, jika banyak miliarder jago matematika, kalau tidak bagaimana cara mereka mengelola dan menghitung uang?

Alumni: James Simons (matematikawan &hedgefund manager), lulusan matematika di Massachutes Institute of Technology (MIT).

7.Ilmu Komputer

Tak mengejutkan memang, di era masifnya penggunaan media sosial dan pemasaran online, ilmu komputer mampu menghasilkan milyuner terpandang dunia.Selain Sergey Brin, masih ada 5 orang milyuner lagi yang masuk daftar orang terkaya Forbes yang merupakan lulusan ilmu komputer, salah satunya adalah Larry Page yang juga pendiri Google.

Alumni: Sergey Brin (Co Founder Google), belajar matematika dan ilmu komputer di University of Maryland.

8.Filsafat

Majalah Forbes juga mencatat jika ada 4 orang lulusan ilmu filsafat yang masuk daftar Top 100 Forbes dalam dua dekade terakhir. London School of Economics (LSE), Universitas Cambridge dan Oxford tercatat sebagai kampus terbaik untuk belajar filsafat berdasarkan CGU. Meski, kerap tak diperhitungkan, nyatanya pemikiran mendalam seperti yang diajarkan dalam filsafat dapat menguntungkan di masa depan.

Alumni:George Soros, (Raja media, investor, dan pebisnis), lulusan filsafat di LSE.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)