3 Tips Penting Menentukan Pesantren yang Cocok untuk Anak

Rabu, 26 Juli 2023 - 13:00 WIB
loading...
3 Tips Penting Menentukan Pesantren yang Cocok untuk Anak
3 tips penting untuk menentukan pesantren yang cocok untuk anak. Salah satunya adalah melihat rekam jejak ponpes. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jumlah pesantren di Indonesia diperkirakan mencapai 30 ribu pondok pesantren (ponpes). Jumlahnya yang begitu besar pasti menyulitkan para orang tua untuk memilih pesantren yang cocok bagi anaknya.

Pondok pesantren saat ini dianggap mampu memberikan pendidikan holistik, mulai dari sisi keilmuan, agama, hingga adab serta etika. Terpaan era digital juga menjadi alasan para orang tua waswas dengan masa depan anaknya.

Fenomena itu menarik perhatian Dosen Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Ahmad Fatoni.

Fatoni menuturkan, pesantren adalah lembaga pendidikan yang memiliki sejarah panjang di Indonesia. Keterikatannya juga sangat kuat karena memiliki kotribusi bagi sumber daya manusia di Indonesia. Utamanya, dari segi akidah maupun akhlak.

“Di Kementerian Agama sendiri tercatat ada lebih dari lima ribu pesantren yang berada di Jawa Timur. Belum lagi di daerah lain, ,” ujarnya, dikutip dari laman UMM, Rabu (26/7/2023).

Baca juga: Percepat Tranformasi PAUD, Indonesia Gandeng Negara-Negara ASEAN

Dia menjelaskan, ada tiga pertimbangan yang dapat digunakan orang tua maupun calon santri saat memilih pondok pesantren yang tepat untuk mondok dan menuntut ilmu.

3 Tips Penting untuk Memilih Pesantren

Menetapkan Tujuan Anak


Pertama, ujar Fatoni, menetapkan tujuan anak atau calon santri. Jika ingin menjadi penghafal Al-Qu'ran maka carilah pesantren yang memiliki program hafalan di dalamnya.

Namun jika inginnya menjadi pakar ilmu agama, misalnya literatur keislaman klasik, maka bisa mencari pesantren yang menyediakan sistem pembelajaran berdasarkan kitab kuning atau gundul.

“Jika tujuannya ingin anak menjadi calon intektual ulama, maka carilah pesantren yang memadukan pendidikan kepesantrenan dengan pendidikan formal. Biasanya pesantren terkait mengintegrasikan ilmu-ilmu umum dengan ilmu agama khas pesantren,” tambahnya.

Pilih Pesantren Tradisional atau Modern


Pertimbangan selanjutnya saat menentukan pesantren adalah menentukan model yang diinginkan. Secara umum, pesantren dibagi menjadi dua, yakni tradisional dan modern. Tradisional atau salafi biasanya menekankan pada kitab-kitab kuning atau kitab gundul.

Bahkan model pesantren ini melarang santrinya untuk mengenyam pendidikan formal supaya lebih fokus menguasai kitab-kitab. Jika santri ingin mendapatkan pendidikan formal, biasanya santri diminta mencari di luar pesantren.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5130 seconds (0.1#10.140)