Sulawesi dan Kalimantan Motor Penggerak Ekonomi di Indonesia Timur

Selasa, 06 Desember 2016 - 00:40 WIB
Sulawesi dan Kalimantan Motor Penggerak Ekonomi di Indonesia Timur
Sulawesi dan Kalimantan Motor Penggerak Ekonomi di Indonesia Timur
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyatakan bahwa Sulawesi dan Kalimantan masih akan menjadi motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia. Pasalnya, kedua wilayah itu masih menjadi daerah dengan pertumbuhan di atas rata-rata nasional.

"Perkiraan kami, Kalimantan dan Sulawesi masih menjadi penopang utama tumbuhnya perekonomian di timur Indonesia pada tahun depan," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia Andi Rukman Karumpa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Andi mengatakan, ekonomi kawasan ini tumbuh di atas 6% dan Sulawesi rata-rata tumbuh di atas 8%. Meski demikian, akibat komoditas sedang lesu, pertumbuhan di wilayah itu masih ditopang oleh pertumbuhan sektor konstruksi yang tumbuh di atas 10% hingga 11%.

"Wilayah yang tidak kalah dan juga sedang bertumbuh di atas rata-rata nasional yakni Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua," katanya.

Dia menambahkan, yang menarik adalah Sulawesi yang akan menjadi magnet baru bagi investasi ke depan. Sebab, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi telah mencapai lebih dari 8%. Bahkan Sulawesi Tengah mampu mencapai 15%.

Selanjutnya, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat masing-masing tumbuh 7,15% dan 7,37%. Sementara itu, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara mencapai pertumbuhan 15,1% dan 6,88%. Selain itu, Gorontalo tumbuh 6,23% dan Sulawesi Utara tumbuh 6,12%.

"Kita lihat Sulawesi akan jadi magnet baru, setelah Pulau Jawa. Listrik mulai mencukupi, proyek-proyek smelter mulai beroperasi, proyek-proyek infrastruktur pemerintah sudah jalan. Akan banyak kejutan tahun depan dari Sulawesi," pungkas Andi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5098 seconds (0.1#10.140)