Ini Sektor yang Masih Bergeliat pada Tahun Depan

Selasa, 06 Desember 2016 - 04:15 WIB
Ini Sektor yang Masih Bergeliat pada Tahun Depan
Ini Sektor yang Masih Bergeliat pada Tahun Depan
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi Faisal Basri menilai sektor industri manufaktur dan pertambangan masih akan tertekan pada tahun depan. Sedangkan sektor yang akan bergeliat, ia memperkirakan adalah sektor informasi dan teknologi.

Menurut Faisal, perkembangan teknologi informasi yang pesat di Indonesia membuat sektor ini masih jadi primadona pada 2017. Dan bisa mendukung sektor-sektor lainnya beroperasi menjadi lebih mudah dan praktis, seperti sektor perbankan, jasa dan tranportasi.

"Industri informasi dan teknologi memang perannya relatif kecil terhadap PDB (Produk Domestik Bruto), hanya 3,4 persen. Tapi pertumbuhannya sampai dua digit," tutur Faisal di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Menurut Faisal, industri informasi dan teknologi akan terus berkembang karena semua perusahaan ataupun lembaga pemerintahan membutuhkan ‎sektor tersebut. Apalagi Presiden Joko Widodo mendorong pertumbuhan e-commerce di Tanah Air.

"Dalam paket kebijakan kan ada tuh, kalau Pak Jokowi ingin sekali mendorong sektor tersebut agar lebih maju,"kata dia.

Selain sektor informasi dan teknologi, kata Faisal, sektor jasa, keuangan, asuransi, kesehatan dan pendidikan, prospeknya masih menjanjikan pada 2017.

"Sementara manufaktur dan pertambangan, pertanian itu masih agak repot. Manufaktur mau bangun pabrik, tanahnya susah.UMP (upah minimum provinsi) setiap daerah juga naik terus," tutur Faisal.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7889 seconds (0.1#10.140)