Gandeng Masyarakat Adat, BNI Buka e-Warong KUBE di Papua

Kamis, 08 Desember 2016 - 22:40 WIB
Gandeng Masyarakat Adat, BNI Buka e-Warong KUBE di Papua
Gandeng Masyarakat Adat, BNI Buka e-Warong KUBE di Papua
A A A
JAKARTA - Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik Program Keluarga Harapan atau e-Warong KUBE PKH Non Tunai untuk pertama kalinya dibuka di Papua. Langkah ini merupakan terobosan penting pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial non tunai atau digital ke masyarakat di Papua. Dengan penyaluran secara digital, maka bantuan sosial dapat didistribusikan secara lebih tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu.

Dalam pembukaan tersebut, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) bersama Kementerian Sosial dan Bulog melibatkan Lembaga Masyarakat Adat Papua dalam mengoperasikannya.

E-Warong KUBE PKH Non Tunai tersebut diresmikan di Wamena, Rabu (7/12/2016). Peresmiannya dihadiri Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Staf Khusus Kepresidenan Lenis Kogoya, Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati, dan Pemerintah Daerah Jaya Wijaya.

Adi Sulistyowati mengungkapkan, BNI sangat siap menyalurkan bantuan sosial secara non tunai karena BNI telah menyiapkan Program Penyaluran Bansos Non Tunai PKH sejak awal. Sebelumnya, BNI telah mengujicoba program ini di beberapa kota di Jawa dan hasilnya memuaskan.

"Uji coba tersebut dilaksanakan dalam kerangka pengembangan e-Warong KUBE PKH Non Tunai, antara lain di Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, Jakarta, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, Kulon Progo, Yogyakarta, Bandung, Kediri, Probolinggo, dan Pasuruan," ujar Adi dalam siaran pers, Kamis (8/12/2016).

BNI bersama Kementerian Sosial mulai memperluas cakupannya ke luar Jawa, yaitu di Denpasar. "BNI siap melayani penerima manfaat di seluruh jaringan BNI yang didukung oleh lebih dari 1.800 outlet, lebih dari 14.000 Agen 46, dan lebih dari 16.000 ATM," sambungnya.

Pada peresmian e-Warong KUBE PKH Non Tunai di Wamena ini, BNI memastikan penyaluran bantuan sosial PKH dilakukan secara non tunai, melalui uji coba penyaluran menggunakan mesin Electronic Data Capture BNI. Pada kesempatan yang sama juga sempat diujicoba transaksi pembelian bahan kebutuhan pokok yang disediakan di e-Warong KUBE PKH Non Tunai oleh masyarakat penerima manfaat dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Pembelian ini dilakukan pada tingkat harga khusus karena e-Warong KUBE PKH Non Tunai juga berstatus sebagai Rumah Pangan Kita, program penyaluran subsidi pangan yang dilakukan oleh Bulog.

Seperti e-Warong KUBE PKH Non Tunai lainnya di daerah lain, e-Warong KUBE PKH Non Tunai Wamena juga berstatus sebagai Agen 46 BNI. Dengan demikian, masyarakat penerima bantuan sosial dapat membuka tabungan BNI dan melakukan transaksi perbankan di dekat rumahnya, tanpa harus mendatangi kantor cabang BNI terdekat.

Sehingga perluasan e-Warong KUBE PKH Non Tunai hingga ke Papua ini, akan turut mendorong program inklusi dan literasi keuangan pada masyarakat Wamena dan sekitarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7978 seconds (0.1#10.140)