alexametrics

Rahasia Sukses Jack Ma

loading...
Rahasia Sukses Jack Ma
Jack Ma tak pelit membagi kiat suksesnya. Syarat jadi sukses itu ternyata tidak sulit, terpenting mau atau tidak melakoninya. Foto : SINDO Weekly
A+ A-
PENDIRI Alibaba, Jack Ma, adalah seorang yang fenomenal. Sosoknya yang karismatik sekaligus eksentrik membuat dirinya menjadi panutan bagi banyak orang. Perjalanan Ma tentu saja tidak mudah, kegigihan telah membawanya kepada kesuksesan yang ia raih saat ini. Berikut kunci sukses miliuner terkaya di China yang bisa ditiru semua orang.

Berani Bermimpi
Ma pernah mengatakan, salah satu kunci kesuksesan Alibaba adalah berani bermimpi dan menjaga mimpi itu agar tidak padam. Sebab, kelak pada suatu hari nanti, mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan.

Gigih
Menurutnya, selain memiliki visi dan misi yang jelas, menjadi pebisnis harus gigih dan tangguh. Mengetahui apa yang ingin dicapai dan mengejar kesuksesan merupakan salah satu kunci kehebatan bisnis Jack Ma.



Fokus
Ma mengakui bahwa dirinya kerap mendapatkan banyak ide, masukan, dan saran dari berbagai pihak. Namun, ia tidak segan-segan mengatakan 'tidak' dan tetap fokus pada tujuan awal perusahaan, yaitu memudahkan hajat hidup orang banyak.

Tak Takut Gagal
Bagi Ma, kunci kesuksesan adalah kemampuan bertahan dan belajar dari kegagalan. Mereka yang sukses hanya mampu belajar dari tiap kesusahan dan hambatan bisnisnya.

Punya Rasa
Jack Ma selalu menekankan pada pegawainya agar bekerja dengan passion. Menurutnya, jika seseorang bekerja sepenuh hati, orang itu tidak akan merasa cepat bosan dan lelah, hasilnya pun akan lebih maksimal.

Jangan Cari Musuh
Filosofi paling unik bisnis Ma adalah ide menciptakan kompetisi yang ramah. Ia menganggap pesaing bisnisnya sebagai musuh, sekaligus sebagai teman yang bisa mendorong dirinya untuk mengeluarkan potensi terbaiknya. (Monica Dian Adelina)

Rahasia Sukses Jack Ma
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak