Menkop: Lebih Baik Sedikit Ketimbang Banyak Tidak Berkualitas

Sabtu, 10 Desember 2016 - 04:40 WIB
Menkop: Lebih Baik Sedikit Ketimbang Banyak Tidak Berkualitas
Menkop: Lebih Baik Sedikit Ketimbang Banyak Tidak Berkualitas
A A A
TULUNGAGUNG - Koperasi merupakan sokoguru ekonomi Indonesia. Namun dalam perkembangannya, koperasi lesu darah dan perkembangannya ibarat jalan di tempat. Menyadarai hal ini, dalam peresmian Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kampung UKM di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyinggung soal masalah koperasi yang mandek.

Puspayoga meminta pemerintah daerah membubarkan koperasi yang hanya tinggal papan nama atau tidak aktif. Menurut data Kemenkop dan UKM, dari 212.000 koperasi yang ada, 62.000 diantaranya tidak aktif dan 150.000 masih berjalan dengan baik.

Karena itu, ia menginginkan koperasi yang tidak aktif agar dibubarkan. Puspayoga menegaskan lebih baik memiliki koperasi sedikit namun berkualitas. "Saya berharap Pemkab Tulungagung melakukan pendataan. Kalau memang tidak aktif sebaiknya dibubarkan. Namun kalau masih berpotensi hidup sebaiknya dibina," ujarnya, Jumat (9/12/2016).

Bupati Tulungagung Sahri Mulyo berharap kehadiran PLUT-KUMKM dan Kampung UKM Digital bisa meningkatkan daya saing dari produk yang ada di Tulungagung. "Bisa mensinergikan potensi yang ada dan berkait dengan pengembangan koperasi dan UKM," ujarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6534 seconds (0.1#10.140)