Upaya Memperluas Transaksi Non-Tunai di Commuter Line

Kamis, 27 Juli 2023 - 22:34 WIB
loading...
Upaya Memperluas Transaksi Non-Tunai di Commuter Line
Bank DKI gandeng PT Kereta Commuter Indonesia perluas transaksi non-tunai. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam menghadirkan kemudahan tiket perjalanan kereta commuter line (KRL). Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan, implementasi ini menjadi sebuah momentum penting dalam upaya perluasan akseptasi JakCard bagi masyarakat, khususnya pengguna KRL dengan mobilitas yang tinggi.



”Melalui implementasi ini, Bank DKI semakin melengkapi layanan dalam mewujudkan ekosistem transaksi non-tunai di DKI. Hal ini juga sejalan dengan dukungan Bank DKI dalam mewujudkan integrasi pembayaran transportasi umum,” ujar Amirul, dalam keterangannya, Kamis (28/7/2023).

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy dalam kesempatan berbeda menjelaskan, akseptasi JakCard sebagai tiket perjalanan KRL menjadi salah satu bagian dari upaya Bank DKI dalam memperkuat segmen kartu uang elektronik, dan memberikan pilihan bertransaksi secara non-tunai bagi masyarakat.

“Bank DKI memandang optimistis transaksi uang elektronik semakin meningkat sebagai bagian dari preferensi masyarakat bertransaksi secara mudah, aman dan nyaman,” ujar Fidri.

Lebih lanjut, Fidri optimistis bahwa JakCard yang kini dapat digunakan sebagai tiket perjalanan KRL, dapat semakin diminati mengingat Bank DKI terus mencatat pertumbuhan pengguna. Pada Juni 2022 tercatat sebanyak 2,5 juta transaksi, dan per Juni 2023 total transaksi penggunaan JakCard tercatat sebanyak 5,1 juta transaksi atau tumbuh 104,86% secara Year on Year (YoY).

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia Broer Rizal menyampaikan apresiasi dan harapannya atas jalinan kolaborasi yang dilakukan bersama Bank DKI ini sebagai upaya untuk mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum.

“Dengan implementasi JakCard Bank DKI ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan pilihan untuk transaksi pembayaran tiket bagi masyarakat yang akan menggunakan Commuter Line Jabodetabek," ungkap Broer Rizal.

Volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sepanjang Juli 2023 hingga 25 Juli mencapai 19.370.263 orang. Sedangkan rata-rata pengguna di hari kerja sebanyak 857.968 orang per hari dan rata-rata pada hari libur dan akhir pekan sebanyak 626.974 orang per hari.

Sementara itu jumlah transaksi pembayaran tiket Commuter Line Jabodetabek dengan menggunakan kartu tap (kartu multi trip dan uang elektronik bank) sebanyak 95% dari total transaksi. Sedangkan transaksi menggunakan QR Code sebanyak 5%.



"Kami menyambut baik kerjasama ini dengan harapan dapat mendukung pencapaian target pengguna harian Commuter Line Jabodetabek hingga 2 juta orang perhari,” tutup Broer.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)