Sri Mulyani: Banyak Pengusaha Sektor Energi Tak Patuh Pajak

Kamis, 15 Desember 2016 - 20:16 WIB
Sri Mulyani: Banyak Pengusaha Sektor Energi Tak Patuh Pajak
Sri Mulyani: Banyak Pengusaha Sektor Energi Tak Patuh Pajak
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ‎mengaku heran dengan permintaan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meringankan pajak para pengusaha di sektor energi, khususnya migas dan minerba. Padahal, dari riwayat kepatuhan pajak, banyak pengusaha sektor energi mangkir bayar pajak.

(Baca: Sri Mulyani Sindir Arcandra Produksi Migas RI Selalu Turun)

Dia mengungkapkan, program pengampunan pajak (tax amnesty) yang dicanangkan pemerintah banyak memberikan informasi untuk pemerintah terkait tingkat kepatuhan pajak orang Indonesia. Sektor energi, kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebutkan, menjadi salah satu yang tidak patuh pajak.

"‎Karena kami dalam rapat tax amnesty sudah melakukan sosialisasi kemana-mana. Sektor minerba maupun ESDM termasuk sektor yang kontribusi dari sisi pelakunya punya NPWP dan menyampaikan SPT nya sangat tidak membanggakan," tuturnya di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Mantan Menko bidang Perekonomian ini menyebutkan, tingkat kepatuhan pajak para pengusaha di sektor energi masih di bawah 50%. Karena itu, dia merasa heran jika saat ini Kementerian ESDM meminta keringanan pajak untuk mereka.

(Baca: ESDM-Kemenkeu Belum Sepakat, Aturan Pajak Migas Menggantung)

"Dari sisi compliance, hanya di bawah 50%. Jadi saya akan mengatakan bahwa sekarang yang sudah bayar ‎cuma 50%, minta lagi pajaknya dikurangi. Jadi, artinya kita makin bingung mengenai bagaimana sebetulnya sektor ini berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia," tutur Sri.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7570 seconds (0.1#10.140)