Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Daur Ulang Limbah Jadi Sabun

Jum'at, 28 Juli 2023 - 23:10 WIB
loading...
Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Daur Ulang Limbah Jadi Sabun
Orang Muda Ganjar (OMG) menggelar pelatihan kreatif yang bertema mengolah limbah menjadi sabun. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Orang Muda Ganjar (OMG) menggelar pelatihan kreatif yang bertema mengolah limbah menjadi sabun multifungsi di Guest House Faras, Desa Kauman, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

Ketua OMG Kota Blitar M Saiful Rohman menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan keterampilan membuat sabun detergen kepada kaum milenial dengan memanfaatkan limbah sehari-hari.

"Sabun yang dihasilkan dari pelatihan ini berfungsi untuk mencuci pakaian dan membersihkan peralatan dapur seperti mencuci piring," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (28/7/2023).



Sabun diolah menggunakan limbah minyak goreng, air pembusa, zat pewarna, air campuran, dan bahan-bahan lainnya yang sudah didaur ulang. Saiful memastikan produk sabun yang dihasilkan telah melalui uji keamanan sehingga aman digunakan.



Diharapkan melalui pelatihan ini para peserta dari kalangan milenial dapat membuat sabun dengan kreativitas sendiri untuk digunakan di rumah, sekaligus berpotensi memperjualbelikan sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)