Pertamina Bentuk Satgas Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Jum'at, 16 Desember 2016 - 23:06 WIB
Pertamina Bentuk Satgas Selama Libur Natal dan Tahun Baru
Pertamina Bentuk Satgas Selama Libur Natal dan Tahun Baru
A A A
YOGYAKARTA - Mengantisipasi meningkatnya konsumsi bahan bakar dan LPG selama libur Natal dan Tahun Baru 2017, PT Pertamina (Persero) siap membentuk satuan tugas. Satgas ini akan mengakomodasi tren kenaikan konsumsi dan menambah stok pasokan selama libur akhir tahun.

Marketing Manager PT Pertamina Area Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta, Doddy Prasetyo mengatakan, satgas ini akan mulai bertugas pada 19 Desember 2016 hingga 9 Januari 2017. Satgas akan beroperasi di kantor unit, semua terminal BBM dan LPG serta depot pengisian pesawat udara (DPPU) selama 20 hari. "Satgas ini dibentuk dalam rangka memonitor stok BBM dan LPG secara lebih komprehensif," tuturnya, Jumat (16/12/2016).

Satgas ini akan diperkuat oleh person in charge (PIC) dariberbagai fungsi, diantaranya sales excecutive baik retail maupun domestic gas, supply & distribution, keuangan, IT dan didukung penuh oleh Hiswana Migas serta berbagai fungsi dan instansi terkait lainnya. Harapannya, tidak akan terjadi kelangkaan bahan bakar baik BBM ataupun LPG selama musim libur Natal dan Tahun Baru ini.

Selain pembentukan satgas, Pertamina juga melakukan penambahan armada mobil tangki BBM dan skid tank LPG. Mereka telah menyiapkan skenario alih suplai ke Terminal BBM dan LPG lain jika jalur reguler mengalami kemacetan. Tak hanya itu, Pertamina juga akan menggunakan bantuan patwal polisi untuk kelancaran mobil tangki BBM dan skid tank LPG di jalan raya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait, yaitu Hiswana Migas dan Bank Persepsi untuk memperlancar pasokan dan pembayaran. Di samping itu, pihaknya juga akan menambah jam operasional Terminal BBM, Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk elpiji (SPPBE), Stasiun Pengisian dan Pengiriman Elpiji Khusus (SPPEK) sesuai dengan kebutuhan.

Pertamina juga akan menambah outlet penjualan LPG di beberapa SPBU dan modern outlet. Selama cuti bersama, bank-bank mitra Pertamina seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Bukopin, dan BCA akan tetap melayani transaksi perbankan untuk penebusan produk BBM dan non BBM.

General Manager Pertamina Marketing Operational Region (MOR) IV, Kusnendar memastikan pasokan stok BBM dan LPG sepanjang musim liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017 di Jawa Tengah dan Yogyakarta akan aman. Berdasarkan catatan, tren peningkatan konsumsi BBM dan LPG pada musim liburan sebelumnya, Pertamina telah menyiapkan stok tambahan yang bervariasi di tiap-tiap daerah dengan rata-rata kenaikan 11% untuk produk BBM dan LPG.

Kusnendar menambahkan, kenaikan konsumsi BBM dan LPG pada Natal dan Tahun Baru merupakan hal yang sudah lumrah terjadi terutama pada periode 10 hari sebelum dan sesudah Natal. Sebagai contoh untuk produk Premium, Pertamina telah menyiapkan stok hingga 3.537 kilo liter (KL) per hari atau meningkat sebesar 10% dari rata-rata harian normal.

Tak hanya itu, Pertamax dan Pertalite sebagai bahan bakar khusus juga telah disiapkan guna mengantisipasi kenaikan yang diperkirakan mencapai 30% dari rata-rata konsumsi harian sebesar 2.950 KL dan 5.373 KL.

Sementara untuk BBM subsidi seperti solar, penambahan pasokan hanya 5% dari rata-rata konsumsi harian, yaitu 4.943 kilo liter. Tidak jauh berbeda dengan produk BBM, Pertamina juga telah menyiapakan antisipasi kenaikan konsumsi produk LPG baik PSO maupun Non-PSO dengan peningkatan rata-rata sebesar 11%.

Untuk produk PSO, antisipasi peningkatan hingga 3.502 metrik ton per hari jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal sebesar 3.221 metrik ton per hari. Sedangkan untuk LPG non-PSO rata-rata antisipasi konsumsi harian hingga 281 metrik ton per hari.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3829 seconds (0.1#10.140)