UMKM Perlu Berevolusi ke Arah Go Digital

Sabtu, 17 Desember 2016 - 11:14 WIB
UMKM Perlu Berevolusi ke Arah Go Digital
UMKM Perlu Berevolusi ke Arah Go Digital
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menginginkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) untuk terus mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bank BRI diminta dapat membuat UMKM go digital.

Rini menjelaskan, UMKM yang ada sekarang perlu berevolusi ke arah digitalisasi. Evolusi ini menjadi tuntutan dalam berbisnis di era globalisasi.

"Dorongan bagi UMKM, bagaimana UMKM evolution, UMKM go digital. Go digital, go public, tidak bisa lepas dari e-commerce atau marketplace global," ujarnya di Jakarta, Sabtu (17/12/2016).

Dalam menghadapi era go digital tersebut, Rini menyampaikan, UMKM harus bisa mengemas produknya dengan menarik. Sebab, hal itu dinilai jadi kelemahan bagi UMKM di Indonesia.

"Ini yang didorong. Kita patenkan, bagaimana package lebih bagus. Produk kita itu sebenarnya sudah sangat bagus. Good taste. Kekurangannya seringkali packaging. Apa sih packaging? Yang penting makanannya," ujar Rini.

Dia menjelaskan, konsumen saat ini terlebih dahulu akan melihat produk dari kemasannya. Sehingga harus ada pengemasan yang menarik.

"Cuma banyak pihak lihat packaging. Apapun barang yang kurang bagus, di-package bagus, lebih menarik. Ini tanggung jawab BRI mendorong UMKM-nya. Sehingga kita bisa masuk ke kancah dunia," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6632 seconds (0.1#10.140)