alexa snippet

Dian Oerip Sukses Mendunia Berkat Batik Nusantara

Dian Oerip Sukses Mendunia Berkat Batik Nusantara
Batik yang kerap dianggap kuno disulap menjadi tren fashion yang mendunia oleh Dian Errakumalasari. Foto/SINDOnews/Lily.
A+ A-
JAKARTA - Batik yang kerap dianggap kuno disulap menjadi tren fashion yang mendunia oleh Dian Errakumalasari. Labelnya Dian Oerip Batik telah dikenal bahkan hingga ke Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS).

Kepada SINDOnews, Dian beberapa waktu lalu mengisahkan tentang Oerip Batik miliknya yang banyak digemari oleh orang asing. Sejak awal, dia telah bertekad untuk mengenalkan kain khas nusantara kepada dunia.

Tak ayal, Dian selalu memadukan tiga jenis batik khas nusantara di setiap produknya. "Karena aku ingin mengenalkan kain nusantara yang banyak orang enggak tahu, kalau kita itu punya ribuan motif yang tersebar," katanya saat ditemui di Ice Palace Concert Hall Lotte Shopping Avenue belum lama ini.

Saat ini, batik yang diproduksi Dian Oerip Batik ini bahkan lebih dikenal di luar negeri ketimbang di Indonesia. Berkat kegigihannya memasarkan kreasi miliknya tersebut lewat media sosial, Dian pun telah mendulang sukses selama hampir delapan tahun.

"Indonesia sebetulnya banyak yang suka tapi karena apresiasinya kurang, dan kebetulan waktu itu ada orang luar yang ingin pakai bajuku, karena teknologi, mereka beli di internet akhirnya tersebar," tutur dia.

Karena batiknya banyak disukai di luar negeri, Wanita yang mendapat penghargaan Alfamidi Womanpreneur Awards 2016 ini pun mengaku selalu mengikuti tren fashion dan selera mereka. Sehingga, batik yang diproduksinya tersebut selalu menggunakan ukuran free size agar pas di bentuk tubuh tiap orang.

"Kalau orang luar size nya kan besar-besar, bajuku free size, orang gemuk atau kurus bisa masuk. Pakainya jatuh di badan. akhirnya orang banyak yang suka," ungkapnya.

Saat ini, Dian Oerip Batik telah dikenal di hampir 13 negara di Eropa, Amerika Serikat, Afrika, dan Asia. Beberapa waktu lalu pun Dian baru saja menyelenggarakan show-nya di AS, dan tahun depan direncanakan akan menggelar kembali di Madagaskar.

Limited Edition

Dian menambahkan, Dian Oerip Batik selama ini tidak memproduksi dalam kapasitas yang sangat besar. Wanita berusia 35 tahun ini hanya memproduksi sekitar 300 hingga 400 pieces tiap bulannya. "Karena ini kan limited," akunya.

Untuk membeli Dian Oerip Batik, tambah Dian, bisa dilakukan lewat online atau langsung ke kediamannya di Bekasi. Untuk pasdar mancanegara, Dian telah membuka outlet di Rotterdam, Belanda, dan Florida, AS.

"Itu dibiayai oleh pemodal disana, karena mereka suka produk saya lalu dibukakan toko dengan nama dan produk saya," ungkap Dian.

Menurut Dian, di awal membuka usaha tersebut, dirinya hanya bermodalkan dana sekitar Rp3 juta. Kini, dengan jumlah pegawai lima orang, Dian telah mereguk omzet hingga Rp100 juta per bulan.
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top