10 Negara Terkaya di Benua Afrika, Nomor 8 Kalahkan Indonesia

Senin, 31 Juli 2023 - 15:19 WIB
loading...
10 Negara Terkaya di Benua Afrika, Nomor 8 Kalahkan Indonesia
Seychelles tempati posisi nomor 1 dalam daftar 10 negara terkaya di Afrika. Foto/Bloomberg
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima negara terkaya atau makmur di Benua Afrika yang didasarkan pada nilai pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita. Menariknya, beberapa nama teratas berisikan negara yang mungkin terdengar asing bagi masyarakat umum.



PDB per kapita Indonesia sendiri kalah oleh sejumlah negara di Afrika. Tahun 2022 PDB per kapita Indonesia "baru" mencapai USD4.580.

Benua Afrika dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, kawasan ini juga mengalami pertumbuhan signifikan dari berbagai aspek selama beberapa dekade terakhir.

Deretan Negara Terkaya di Benua Afrika


Klasifikasi negara terkaya dapat ditentukan berdasarkan beberapa cara. Salah satu metode yang biasa digunakan adalah melalui PDB per kapita masing-masing negara. Dilansir dari laman Statista, berikut lima negara terkaya di Benua Afrika yang didasarkan pada PDB per kapita tertinggi tahun 2022. Simak daftarnya!

1. Seychelles
Seychelles merupakan sebuah negara kepulauan yang menjadi bagian Benua Afrika. Memiliki ibu kota di Victoria, negara ini cukup dekat dengan wilayah Komoro, Madagaskar, Mauritius, dan lainnya. Pada tahun 2022, Seychelles memiliki PDB terbesar di Afrika. Adapun untuk nilainya sendiri mencapai USD20,3 ribu.

2. Equatorial Guinea
Equatorial Guinea merupakan sebuah negara yang terletak di pantai barat Afrika Tengah. Negara ini memiliki dua bagian wilayah, yakni kawasan pulau yang terdiri atas Bioko dan Annobon, serta wilayah daratan Rio Muni.

Pada tahun 2022 lalu, Equatorial Guinea menjadi salah satu negara dengan PDB per kapita tertinggi. Tak tanggung-tanggung, dengan angka mencapai USD11,3 ribu menempatkannya dalam jajaran teratas negara terkaya di Afrika.

3. Gabon
Berikutnya ada Gabon. Negara di kawasan Afrika Tengah ini berbatasan dengan Equatorial Guinea di barat laut, Kamerun di utara, Republik Kongo di timur dan selatan, dan Teluk Guinea di barat. Gabon juga memiliki PDB per kapita cukup tinggi pada tahun 2022 lalu, mencapai USD10,3 ribu.

4. Mauritius
Mauritius berada sekitar 2.000 kilometer dari pantai tenggara Afrika Timur. Beberapa sektor pendapatan utamanya didapat dari pariwisata dan pertanian. PDB per kapita yang dimiliki Mauritius mencapai USD9,1 ribu pada tahun 2022. Angka ini juga menempatkannya dalam jajaran teratas negara terkaya di Benua Afrika.

5. Botswana
Botswana merupakan salah satu negara yang berada di Afrika bagian selatan. Wilayahnya berbatasan dengan Afrika Selatan di selatan dan tenggara, Namibia di barat dan utara, dan Zimbabwe di timur laut. PDP per kapita Botswana mencapai USD7,35 ribu dolar AS pada tahun 2022. Hal ini menempatkannya sebagai yang terbesar kelima di antara negara lain di Benua Afrika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)