Khasiat Surat Ad-Dhukhan, Salah Satunya Aman dari Gangguan Jin

Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:44 WIB
loading...
Khasiat Surat Ad-Dhukhan, Salah Satunya Aman dari Gangguan Jin
Surat Ad-Dhuukhan: Jika diletakkan pada anak kecil saat kelahirannya maka dia akan aman dari gangguan jin dan binatang. Ilustrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Ad-Dhukhan , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang membawanya maka dia akan tampak berwibawa dan disukai orang lain serta aman dari segala kejahatan penguasa.

"Barangsiapa yang meminumnya maka dia akan aman dari kejahatan pengadu domba. Jika diletakkan pada anak kecil saat kelahirannya maka dia akan aman dari gangguan jin dan binatang," ujar Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam.



Dalam kitab Tsawabul A'mal disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca Surat Ad-Dukhan, baik dalam salat fardhu maupun sunah, maka Allah akan membangkitkannya bersama orang-orang yang memperoleh keamanan pada hari kiamat di bawah 'arsy-Nya, ia akan dihisab dengan hisab yang sangat cepat dan akan menerima catatan amal perbuatan dengan tangan kanannya."

Sedangkan dalam Tafsirul Burhan juga dinyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Ad-Dukhan), maka ia akan memperoleh pahala setiap huruf darinya sebanyak memerdekakan seratus ribu budak..."

Surat ini juga dapat dijadikan wasilah agar memeroleh ampunan dosa, terhindar dari gangguan setan, terlepas dari kesulitan, memperolah mimpi indah, serta memperoleh laba dalam perniagaan.

Menurut kitab Tafsirul Burhan, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca (Surat Ad-Dukhan) setiap malam Jumat, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu. Barangsiapa yang menulisnya dan membawanya, maka ia terhindar dari godaan setan. Barangsiapa yang meletakkannya di bawah kepalanya, maka ia akan bermimpi indah, aman dari kerisauan. Dan jika orang yang sedang tertimpa kesulitan meminum airnya, maka ia akan terbebas saat itu juga. Dan ketika ia menulisnya akan memperoleh laba (keuntungan) dan hartanya cepat bertambah banyak."



Kabut

Ad-Dukhan sendiri artinya adalah "kabut". Surat yang terdiri atas 59 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Az-Zukhruf . Ia dinamakan Ad-Dukhan karena merujuk pada lafaz dukhan yang terdapat pada ayat ke-40.

Menurut riwayat Imam Bukhari disebutkan bahwa orang-orang Makkah dalam menghalangi agama Islam dan menyakiti Nabi Muhammad Saw. sudah melewati batas, sehingga Rasulullah Saw. berdoa kepada Allah agar diturunkan azab sebagaimana azab yang diturunkan kepada kaum Nabi Yusuf, yakni kemarau panjang.

Doa Nabi itu pun dikabulkan, terjadilah kemarau panjang, hingga orang kafir hanya makan tulang belulang dan bangkai karena kelaparan. Mereka pun mendatangi Nabi dan memohon agar azab segera dihentikan. Nabi berdoa kepada Allah dan Allah pun mengabulkan doanya. Namun setelah hujan turun, dan kemarau berhenti, mereka kembali durhaka kepada Nabi. Oleh karena itu, orang-orang kafir itu akan diazab dengan azab yang pedih kelak di hari kiamat.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)