Menko Luhut Janji Basmi Calo Gas yang Menjamur di Indonesia

Kamis, 29 Desember 2016 - 20:18 WIB
Menko Luhut Janji Basmi Calo Gas yang Menjamur di Indonesia
Menko Luhut Janji Basmi Calo Gas yang Menjamur di Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berjanji akan membasmi para calo gas yang masih menjamur di Indonesia. Pasalnya, salah satu penyebab utama harga gas bumi khususnya ke industri mahal karena membeli dari trader gas tidak memiliki infrastruktur gas alias calo gas.

Menurutnya, saat ini pemerintah terus berkomitmen untuk memberantas keberadaan para calo gas yang menguasai atau ternyata memiliki alokasi gas dari pemerintah.

"Kita bertahap itu mau habisin (calo gas). Ya enggak bisa dong, masa dia punya (alokasi) gas, tapi tidak punya pipa. Enggak punya pipa tapi punya (alokasi) gas, enggak begitu. Kita mau basmi," kata Luhut dalam rilisnya yang diterima SINDOnews di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Jenderal bintang empat ini menilai, ulah para calo gas ini yang membuat industri di Medan, Sumatera Utara harus membayar gas bumi lebih mahal dari yang seharusnya.

Berdasarkan data Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Di Medan, ada sekitar 45 industri besar yang membeli gas bumi sebesar USD12,22 per MMBTU. "Seperti kata Presiden, itu pemain middle-middle, trader-trader dikurangi itu yang tidak diperlukan, supaya harga gas bisa turun. Masa di Medan itu harga gas hampir USD14, enggak benar itu," kata Luhut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8961 seconds (0.1#10.140)