Hadirkan Manfaat Ekonomi, Ganjar Dorong Ragam Event Kreatif di Selo Boyolali

Kamis, 03 Agustus 2023 - 20:45 WIB
loading...
Hadirkan Manfaat Ekonomi, Ganjar Dorong Ragam Event Kreatif di Selo Boyolali
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berkunjung menikmati pesona alam di Desa Senden, Kecamatan Selo, Jateng, Kamis (3/8/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
BOYOLALI - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendorong beragam event kreatif di Selo, Boyolali. Hal itu diyakini akan menghadirkan banyak manfaat ekonomi khususnya daerah setempat.

"Ini bisa menjadi destinasi wisata yang bagus banget. Saya kira orang yang datang ke sini akan senang," kata Ganjar saat berkunjung di Desa Senden, Kecamatan Selo, Jateng, Kamis (3/8/2023).

Ganjar mengungkapkan Selo, Boyolali menampilkan pesona alam yang sangat indah, yakni gunung Merbabu dan gunung Merapi sehingga berpotensi menjadi tujuan wisata unggul di Indonesia. Ditambah lagi, kekayaan budaya yang kerap ditampilkan masyarakat Selo menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung.



Dia mencontohkan kirab budaya tahunan petani tembakau yang merupakan upacara pembuka masa panen raya. Tahun ini, mereka menggelar kirab budaya di Makam Gunung Sari desa setempat sebagai bentuk syukur karena kedatangan masa panen.

Ganjar pun mendorong banyaknya pesona wisata di Selo bisa menjadi satu kesatuan yang bagus dalam sebuah event dengan kemasan kreatif dan meriah. Apalagi, kata Ganjar, kontur alam di kecamatan ini cocok dijadikan salah satu wisata berkonsep olahraga atau sport tourism. Salah satunya adalah olahraga paralayang.

"Mestinya setiap acara tembakau, wiwit (kirab) itu bisa dijadikan satu event. Ini sebenarnya suatu prosesi yang bagus. Nanti bisa dikawinkan dengan destinasi wisata di tempat yang sangat indah. Sama tadi paralayang nanti disiapin di sana," imbuh Ganjar.

Menurut Ganjar, event kreatif hasil kolaborasi wisata lintas sektor ini akan menghadirkan manfaat ekonomi luar biasa bagi masyarakat setempat. Pelaku UMKM Kecamatan Selo turut bisa menjajakan produknya dalam event tersebut.

Lihat Foto: Seragam Relawan Ganjar Pranowo Dijual Seharga Rp175-200 Ribu

Di sisi lain para wisatawan juga dapat menikmati keindahan wilayah pegunungan Jateng ini. Sehingga diharapkan Kecamatan Selo membawa kebahagiaan tersendiri bagi para pelancong yang hadir.

"Maka ini bisa dikombinasikan. Satu, wisata agronya ada. Dua, alamnya bagus. Tiga, sport tourismnya jalan. Kemudian yang keempat budaya, budayanya ini yang jadi satu. Lalu dikemas dengan sebuah event yang kemudian bisa menghadirkan banyak wisatawan," kata Ganjar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)