Mendag Puji Mentan Mampu Tingkatkan Produksi Beras

Rabu, 04 Januari 2017 - 20:31 WIB
Mendag Puji Mentan Mampu Tingkatkan Produksi Beras
Mendag Puji Mentan Mampu Tingkatkan Produksi Beras
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memuji Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman yang bisa meningkatkan jumlah produksi beras di dalam negeri. Sehingga, tidak ada impor kali ini.

Enggar menjelaskan, keberhasilan Mentan ini bukti sinergi pemerintah dalam mengamankan pasokan pangan. Bahkan, tidak lagi berselisih seperti sebelumnya.

"Keberhasilan Kementan meningkatkan produksi petani. Sehingga 2016 enggak ada kekurangan maka kita tidak impor beras," ujarnya di Jakarta, Rabu (4/1/2017).

Dia mengatakan, pemerintah sudah bergandengan erat dalam mengamankan pasokan pangan nasional. Khusus Bulog memiliki peran dalam menyerap hasil panen petani.

"Kerja sama yang erat antara Kementan, Kemendag, Bulog sebagai standby buyer, semua hasil panen berapapun wajib diambil Bulog saat harga turun ada di batas bawah," katanya.

Di sisi lain, Kemendag juga akan meningkatkan produksi gula dengan merangkul para produsen dan distributor. Selain itu mendorong pengusaha besar untuk bekerja sama dengan pengusaha kecil.

"Kami akan tingkatkan komunikasi dengan produsen dan distributor gula dan minyak goreng, kita tingkatkan kesepakatan Januari ada permintaan mereka menunda packaging. Kami akan setujui dengan catatan pengemasan bertahap dilakukan melibatkan pengusaha kecil daerah, kemitraan, Kemendag pantau itu," ujar Enggar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0717 seconds (0.1#10.140)