Srikandi Ganjar Kenalkan Budi Daya Lebah Trigona kepada Milenial

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 17:33 WIB
loading...
Srikandi Ganjar Kenalkan Budi Daya Lebah Trigona kepada Milenial
Relawan Srikandi Ganjar NTB menggelar panen raya madu dan sharing session budi daya lebah trigona di Desa Lembah Sari, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (5/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LOMBOK BARAT - Relawan Srikandi Ganjar Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar panen raya madu dan sharing session budi daya lebah trigona. Kegiatan ini menghadirkan Fiqhul Mutawazi selaku peternak lebah trigona.

Berbagai momen keseruan tercipta dalam kegiatan yang menggandeng Komunitas Ponko ini. Mulai dari memanen madu menggunakan teknik tiris dan peras, hingga edukasi cara budi daya lebah trigona jenis lokal maupun itama hetero.

"Tujuannya satu biar mereka bisa membuka peluang usaha membudi daya ketika mereka sudah panen itu pasti bisa dijual dan mempunyai nilai ekonomis biar nanti mereka gak melulu berbicara UMKM itu bukan melulu tentang kuliner," kata Korwil Srikandi Ganjar NTB Yuni Eka Fitri di Dusun Sidemen Lawu, Desa Lembah Sari, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (5/8/2023).

Yuni menyebut budi daya lebah tanpa sengat ini sangat mudah dilakukan, bahkan di lahan terbatas seperti pekarangan rumah sekalipun. Bagi yang ingin membudidayakannya hanya perlu memerhatikan beberapa poin seperti lahan, vegetasi atau sumber makanan, dan lain sebagainya.

Madu trigona sendiri dikenal memiliki cita rasa yang cukup unik dan bertekstur encer. Meski begitu, madu ini banyak dicari untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Lebah trigona juga menghasilkan propolis yang baik digunakan untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Tentunya semua itu bisa jadi potensi cuan kawula muda.

Srikandi Ganjar NTB juga berkomitmen memberikan stimulus kepada kawula muda yang tertarik dan ingin membudidayakan lebah trigona. "Support-nya kami mendatangkan pelatih-pelatih biar mereka nggak capek," jelasnya.

Salah satu perempuan milenial, Risna (28) mengaku tertarik budi daya lebah trigona ini setelah mengikuti kegiatan ini. "Menarik banget karena nanti bisa dibudidayakan di mana aja. Di rumah, di kebun. Seru sih menurut saya," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2669 seconds (0.1#10.140)