Ini 3 Nama Calon Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pranowo

Senin, 07 Agustus 2023 - 14:27 WIB
loading...
Ini 3 Nama Calon Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pranowo
Ketua DPRD Jateng Sumanto. Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah mengusulkan 3 nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jateng yang akan menggantikan Ganjar Pranowo. Sebagai Gubernur Jateng, Ganjar akan habis masa jabatannya pada 5 September 2023

Tiga nama itu masing-masing: Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Kepala Badan Diklat Kejaksaan Agung Tony Tribagus Spontana, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno.

“Usulan tiga nama tersebut merupakan hasil rapat gabungan, seluruh pimpinan DPRD Jateng dan ketua fraksi turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut,” kata Ketua DPRD Jateng Sumanto kepada wartawan, Senin (7/8/2023).



Tiga nama calon PJ Gubernur Jateng sudah dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Politisi PDI-Perjuangan tersebut menambahkan pemilihan tiga nama itu berdasar atas kapabilitas dianggap mampu meneruskan program Ganjar Pranowo.

Selanjutnya, nama tersebut akan ditindaklanjuti dan menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan persetujuan menjadi Pj Gubernur Jateng.

Pemilihan Pj Gubernur berdasarkan Permendagri No 4 Tahun 2023. Tercantum pada Pasal 2, yakni untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur. Pemerintah menunjuk Pj Gubernur untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan pada daerah tersebut sampai dengan pelantikan gubernur dan/atau wakil gubernur definitif.



Salah satu kandidat Pj Gubernur Jateng, Hasto Wardoyo merupakan mantan Bupati Kulonprogo. Presiden Joko Widodo mengangkatnya menjadi Kepala BKKBN pada Juli 2019 silam.

Tony Tribagus Spontana memiliki sepak terjang karier pada bidang hukum. Tony mengawali kariernya sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI pada tahun 2014.

Kemudian ia menjadi Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI pada tahun 2020 silam. Sedangkan Sumarno merupakan ASN yang telah lama berkarir di Pemprov Jateng. Sebelum menjabat Sekda Jateng, ia menjadi Kepala BPKAD Jateng.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3369 seconds (0.1#10.140)