10 Universitas dengan Jurusan Administrasi Negara Bersaing, Ini Daftar Kampusnya

Selasa, 08 Agustus 2023 - 09:39 WIB
loading...
10 Universitas dengan Jurusan Administrasi Negara Bersaing, Ini Daftar Kampusnya
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dikenal memiliki jurusan administrasi negara salah satu yang terbaik di Indonesia. Foto/dok Inews
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 universitas di Indonesia dengan Jurusan Administrasi Negara yang berkualitas. Bagi kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, ada salah satu rekomendasi jurusan yang ternyata banyak jadi incaran calon mahasiswa. Apa itu? Jurusan Administrasi Negara adalah salah satu jurusan yang bisa jadi pilihanmu.

Merujuk pengalaman, universitas jurusan Administrasi Negara tidak pernah sepi peminat. Bahkan di seleksi SNBT masih banyak pendaftar yang gagal lolos karena tingkat persaingan cukup tinggi. Hal ini memberi bukti bahwa Jurusan Administrasi Negara cukup diminati. Untuk bahan referensi, ini 10 universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Administrasi Negara yang dinilai bagus.

Daftar Universitas dengan Jurusan Administrasi Negara Berkualitas

1. Universitas Indonesia


Siapa pun pasti ingin masuk ke kampus favorit ini. Tak hanya jurusan hukum yang menjadi favorit, ternyata jurusan administrasi negara juga menjadi favorit karena peminatnya sangat tinggi.Terbukti saat SBMPTN dan Simak UI banyak calon mahasiswa yang mengincar jurusan ini. Selain itu jurusan administrasi negara UI juga punya passing grade yang tinggi, jadi kita harus lebih berusaha untuk belajar dan lolos seleksi.

2. Universitas Negeri Surabaya


Universitas yang berada di Jawa Timur ini juga memiliki jurusan Administrasi negara yang menjadi banyak incaran calon mahasiswa baru. Kamu harus ekstra belajar jika mau masuk jadi mahasiswa ilmu administrasi negara di kampus ini.

3. Universitas Airlangga


Universitas jurusan Administrasi Negara yang menjadi favorit lainnya adalah Universitas Airlangga. Selain jurusan kesehatan yang menjadi favorit, rupanya jurusan administrasi negara juga incaran banyak orang. Kamu harus bersaing dengan ratusan anak untuk berhasil lolos.

4. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)


Kampus yang berada di Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah ini juga memiliki jurusan administrasi negara yang populer. Bahkan dari SBMPTN tertulis bahwa peminat jurusan ini sangat banyak. Passing grade yang dipasang juga cukup tinggi sehingga para calon mahasiswa baru harus belajar lebih giat lagi untuk masuk ke jurusan ini.


5. Universitas Negeri Makassar


Universitas ini memiliki jurusan administrasi negara yang sudah berumur cukup tua. Jadi sudah banyak yang sukses berkarir sebagai lulusan administrasi negara. Kampus ini bisa jadi salah satu pilihanmu.

6. Universitas Hassanudin (Unhas)


Selain Universitas Negeri Makassar, Unhas juga memiliki jurusan administrasi negara yang jadi incaran banyak orang. Peluang untuk masuk juga kecil karena kamu harus bersaing dengan ratusan orang. Jadi giat belajar untuk lulus tes.

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)


UNS Solo memiliki jurusan administrasi negara yang terbaik di Indonesia. selain terkenal dengan kulinernya, kota Solo juga memiliki perguruan tinggi yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa baru. Kamu harus lebih rajin belajar jika mau masuk UNS.

8. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur


UPN Jawa timur ini menghasilkan lulusan administrasi negara terbaik di Indonesia. bahkan sebagian lulusan universitas ini berhasil menduduki bangku pemerintahan pusat maupun daerah. Jadi kamu jangan ragu lagi untuk belajar di sini.

9. Universitas Lampung (Unila)


Universitas Lampung (Unila) juga menjadi pilihan kampus dengan Jurusan Administrasi Negara terbaik di Indonesia. Banyak mahasiswa pelosok yang berkuliah di kampus ini dan menjadi ahli administrasi publik.

10. Universitas Sriwijaya


Bagi kamu yang tinggal di Sumatera dan mencari kampus terbaik untuk jurusan administrasi negara, Unsri jawabannya. Akreditasi untuk jurusan administrasi negara adalah A.


Pentingnya Kuliah di Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Ada beberapa kelebihan jika kamu adalah mahasiswa jurusan administrasi negara. Selain menjadi salah satu jurusan ilmu sosial yang jadi favorit, ternyata ilmu administrasi negara juga punya prospek kerja yang sangat bagus. Ada beberapa keuntungan jika kamu adalah mahasiswa ilmu administrasi negara, apa saja yang akan kamu dapatkan? Berikut ulasannya:

1. Kamu mendapat kemampuan dalam menganalisis kebijakan

Hal ini sangat bermanfaat saat kamu memegang tanggung jawab saat kamu bekerja di posisi manajemen dalam suatu pemerintah atau perusahaan.

2. Karena kamu pintar menganalisis, maka atasan kamu akan memberikan posisi tinggi agar kamu bisa memberikan gambaran dan prospek perusahaan atau pemerintah kedepannya.

3. Banyak pilihan karier sangat bagus.

Banyak lulusan administrasi negara yang berhasil menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini karena mahasiswa administrasi negara punya bekal tentang birokrasi pemerintah.

4. Jika kamu tidak bisa menjadi ASN, maka kamu bisa bekerja di perusahaan swasta dan membantu perusahaan untuk berkembang. Karena kamu dibekali dengan ilmu manajerial dan perkembangan sosial masyarakat.

Pengetahuan dan Keahlian Mahasiswa Administrasi Negara

Ada beberapa hal yang diajarkan oleh Universitas jurusan Administrasi Negara kepada mahasiswanya untuk memiliki pengetahuan dan keahlian khusus yaitu:

1. Keahlian analisis
2. Keahlian manajerial
3. Keahlian dalam berfikir strategis
4. Keahlian matematika
5. Keahlian organisasi
6. Kemampuan komunikasi

Karena berfokus pada kajian sistem pemerintahan, mahasiswa administrasi negara dituntut untuk bisa menganalisis apa yang terjadi dalam birokrasi pemerintah. Maka tak heran banyak lulusan administrasi negara yang berhasil masuk di kursi pemerintahan baik di Kementerian, DPR atau DPRD karena mereka semasa kuliah sudah belajar tentang birokrasi pemerintahan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)