Dukung Mentan, Kadin Kerahkan Pengusaha Tanam Cabai

Jum'at, 13 Januari 2017 - 18:05 WIB
Dukung Mentan, Kadin Kerahkan Pengusaha Tanam Cabai
Dukung Mentan, Kadin Kerahkan Pengusaha Tanam Cabai
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Wilayah Indonesia Timur mendukung Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, mencanangkan program menanam 50 juta cabai di Indonesia. Untuk menyukseskan program itu, Kadin KTI mendorong pengusaha memasuki bisnis ini.

“Kami berencana mengerahkan pengusaha utamanya di KTI masuk ke bisnis ini dan menanam cabai,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia Andi Rukman Karumpa melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Andi mengatakan, sebagai pengusaha, pihaknya tidak setuju membawa masalah cabai ke ranah politik. Menurutnya, jauh lebih konstruktif membawa isu kenaikkan komoditas dengan membantu pemerintah mencari solusi yaitu dengan menanam cabai atau membangun industri ini lebih baik ke depan.

“Pola pikir pengusaha itu sederhana. Kalau ada masalah, kami bantu carikan solusinya bukan memperpanjang masalah. Makanya, kami selaku pengusaha ingin ketemu dan bantu Pak Mentan dan bagaimana kami bisa sinergi dengan petani,” kata Andi.

Dia mengatakan, kawasan timur Indonesia masih memiliki lahan tidur yang luas sehingga cocok untuk membangun industri cabai ke depan. Ini sekaligus dapat meningkatkan taraf hidup petani. Sebelumnya, Menteri Pertanian telah mencanangkan program 50 juta cabai di pekarangan seluruh Indonesia.

Jika setiap rumah tangga menanam pohon cabai, lanjut dia, akan menekan angka kemiskinan. Bantuan dari pemerintah sebanyak 10 juta pohon dan akan didistribusi ke daerah-daerah.

"Tujuannya adalah agar kebutuhan cabai nasional bisa terpenuhi dan menekan inflasi, sekaligus menekan kemiskinan," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4605 seconds (0.1#10.140)