Jenis dan Spesifikasi 15 Rantis Bushmaster Hibah dari Australia

Rabu, 09 Agustus 2023 - 14:33 WIB
loading...
Jenis dan Spesifikasi 15 Rantis Bushmaster Hibah dari Australia
Jenis dan spesifikasi kendaraan taktis (rantis) Bushmaster Protected Mobility Vehicle (BPMV) hibah dari Australia diulas dalam artikel ini. Foto/Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Jenis dan spesifikasi kendaraan taktis ( rantis ) Bushmaster Protected Mobility Vehicle (BPMV) hibah dari Australia diulas dalam artikel ini. Sebanyak 15 rantis BPMV buatan Australia itu akan segera dioperasikan Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada misi pemeliharaan perdamaian dunia.

Adapun prosesi serah terima ke-15 Rantis Bushmaster kepada TNI ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima yang ditandatangani oleh Counsellor Defence Policy di tim Pertahanan Australia di Kedutaan Besar Australia Jakarta Chris McIlwain bersama Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI Mayjen TNI Yustinus Agus Peristiwanto di Satuan Pemeliharaan dan Peralatan (Satharpal) Denma Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (8/8/2023).

Aslog Panglima TNI Mayjen TNI Yustinus Agus Peristiwanto mengatakan, Mabes TNI patut berbangga diri dan berbahagia dengan mendapatkan hibah 15 unit Rantis Bushmaster beserta suku cadangnya dari pemerintah Australia melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan). Hal ini membuktikan adanya hubungan baik antarpemerintah Australia dengan pemerintah Indonesia khususnya dalam bidang militer.

Jenis dan Spesifikasi 15 Rantis Bushmaster Hibah dari Australia




"Dengan adanya hibah Bushmaster dari pemerintah Australia ini dapat meningkatkan kemampuan operasi TNI khususnya untuk mendukung tugas TNI dalam rangka pelaksanaan Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia," ujarnya dalam siaran pers dari Puspen TNI, Rabu (9/8/2023).

Rantis Bushmaster kondisi refurbished siap operasi ini merupakan bentuk komitmen kerja sama militer negeri Kangguru kepada Indonesia yang berpartisipasi aktif dalam memelihara perdamaian dunia melalui TNI yang konsisten mengirimkan Satgas Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia (OPPD).

Jenis dan spesifikasi Rantis Bushmaster yang dihibahkan ini terdiri dari 13 varian troops, satu varian command, dan satu varian ambulance, beserta suku cadangnya. Rantis Bushmaster didesain untuk dioperasikan di medan gurun padang pasir dan dapat mengangkut hingga delapan pasukan bersenjata lengkap.

Jenis dan Spesifikasi 15 Rantis Bushmaster Hibah dari Australia


Desain bagian bawah kendaraan ini berbentuk V hull yang berfungsi untuk meminimalisir efek akibat ledakan ranjau darat (mine blasting). Kendaraan ini juga memiliki kemampuan antiblasting dari bahan peledak sampai dengan 10 kg dan antiballistic terhadap munisi kaliber 7,62 mm serta dapat dilengkapi dengan peralatan antijammer Electronic Counter Measure (ECM).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3844 seconds (0.1#10.140)