SKK Migas Kawal KKKS Digdayakan UMKM

Kamis, 10 Agustus 2023 - 08:42 WIB
loading...
SKK Migas Kawal KKKS Digdayakan UMKM
Salah satu pelaku UMKM dari kelompok tani yang memproduksi Kopi Berasang, Semendo, Kabupaten Muaraenim, Sumsel, menerima sertifikat halal pada Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III Tahun 2023 Wilayah Sumbagsel, di Palembang, 8-9 Agustus 2023. Foto: Hendri
A A A
JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas atau SKK Migas terus mengawal fungsi Kontraktor Kontrak Kerja Sama ( KKKS ) sebagai motor penggerak UMKM di sekitar wilayah operasi, agar lebih mandiri dan berdaya saing.

Langkah ini dilakukan, karena kegiatan hulu migas tidak hanya berkontribusi langsung dalam produksi migas nasional akan tetapi turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberi ruang bagi para pelaku UMKM di Forum Kapasitas (Kapnas) Nasional III tahun 2023.



Pada Forum Kapnas III tahun 2023 Wilayah Sumbagsel, yang berlangsung dua hari 8-9 Agustus 2023, di Palembang, Vice President SKK Migas yang juga Ketua Panitia Forum Kapnas, Erwin Suryadi menyampaikan, di semua wilayah operasi SKK Migas konsisten untuk mengembangkan dan mendorong penggunaan produk dalam negeri.

“Produk-produk yang didorong tersebut mencakup produk UMKM, barang dan jasa, tenaga kerja, pengembangan vendor lokal, industri penunjang sekitar area provinsi operasi dan pengembangan energi,” kata Erwin di hari pertama pelaksanaan forum.



Di Palembang sendiri, lanjut Erwin, SKK Migas memfasilitasi kemitraan antara KKKS dan industri penunjang hulu migas di area Sumbagsel, serta pemangku kepentingan lainnya seperti pemerintah daerah, perguruan tinggi, serta UMKM.

“Hal ini membantu dalam pertukaran pengetahuan, teknologi, dan keahlian, yang pada akhirnya mendukung pengembangan industri lokal,” ujar Erwin.

Forum ini juga berperan dalam penyelenggaraan pelatihan dan pengembangan tenaga kerja lokal. Dengan meningkatkan kualifikasi dan keterampilan pekerja lokal, industri lokal dapat lebih terlibat dalam berbagai tahapan kegiatan hulu minyak dan gas bumi, termasuk eksplorasi, produksi, dan pengolahan.

Dalam Forum Kapnas III area Sumbagsel sendiri telah lahir sejumlah UMKM yang makin menegaskan dampak positif dari keberlangsungan industri hulu migas. Bahkan, sejumlah pelaku UMKM unjuk gigi memamerkan produk maupun jasanya di forum ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)