Kawal Demo Sejuta Buruh, Polres Jakpus Kerahkan 7.000 Personel

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:06 WIB
loading...
Kawal Demo Sejuta Buruh, Polres Jakpus Kerahkan 7.000 Personel
Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan ribuan personel untuk mengawal aksi unjuk rasa buruh di kawasan Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023). Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan ribuan personel untuk mengawal aksi demo buruh di kawasan Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

“7.000 personel disiapkan,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dihubungi.



Komarudin menjelaskan, untuk mengantisipasi aksi buruh hari ini pihaknya sudah melakukan pengalihan arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat.

Arus lalu lintas ke arah Istana Merdeka dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan. Sedangkan masyarakat yang ingin menuju Harmoni dialihkan masuk Jalan Budi Kemuliaan.

Diketahui, buruh dari berbagai organisasi yang tergabung dalam Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) akan menggelar unjuk rasa hari ini.


Panglima Aksi Akbar Ultra Damai 10 Agustus 2023 Arif Minardi mengatakan mereka akan mengulang aksi tahun lalu, tapi jumlahnya lebih banyak.

"Kami optimistis 1 juta buruh akan tercapai," kata Arif dalam konferensi pers di Kantor KSPSI Pusat, Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Sekjen KSPSI itu mengungkapkan, sebagian besar peserta aksi akan menggunakan motor. Rencananya, aksi dimulai dari Kantor International Labour Organization (ILO) Indonesia di Gedung Menara Thamrin menuju Istana Negara.

Untuk mengantisipasi aksi buruh, polisi sudah menutup akses jalan di sekitar Bundaran Patung Kuda. Pantauan MNC Portal di lokasi, polisi sudah membentangkan kawat berduri untuk menutup ruas Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Patung Kuda menuju Harmoni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)