Minyak Dunia Naik, BI Waspadai Kenaikan Harga BBM

Rabu, 25 Januari 2017 - 16:38 WIB
Minyak Dunia Naik, BI Waspadai Kenaikan Harga BBM
Minyak Dunia Naik, BI Waspadai Kenaikan Harga BBM
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengatakan, saat ini tren harga minyak dunia terus bergerak naik. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap harga bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan, kenaikan harga minyak dunia ini berpotensi membuat harga BBM ikut terkerek. Karena itu, harga BBM menjadi salah satu hal yang diwaspadai BI akan berpengaruh terhadap inflasi nasional.

"Makanya kita mencoba koordinasikan kenaikan harga BBM itu bakal dilakukan kapan, itu penting, karena, kalau harga BBM naik itu yang akan merespons adalah harga angkutan umum, mulai dalam kota, luar kota, hingga tarif taksi," katanya di Gedung Bank Indonesia, Jakarrta, Rabu (25/1/2017).

Awalnya, kata mantan Bos Bank Mandiri ini, pihaknya memprediksi harga minyak dunia akan berada di kisaran USD45 per barel. Namun, melihat situasi saat ini, pihaknya memprediksi harga minyak dunia akan berada di kisaran USD47 per barel.

Karena itu, Agus berpesan kepada pemerintah agar mempertimbangkan waktu yang tepat sebelum menaikkan harga BBM. "Kalau misalnya lagi panen, inflasi rendah, itu timing yang baik. Nah, kita juga mesti lihat harga minyak dunia, nah hal ini yang kita lakukan supaya tetap terjaga," ujar dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6534 seconds (0.1#10.140)