Sederet Tanda Kehormatan Diterima Ganjar Pranowo, Nomor 2 Bintang Jasa Utama

Minggu, 13 Agustus 2023 - 05:13 WIB
loading...
Sederet Tanda Kehormatan Diterima Ganjar Pranowo, Nomor 2 Bintang Jasa Utama
Sederet tanda kehormatan telah diterima bakal calon presiden Ganjar Pranowo selama menjabat Gubernur Jawa Tengah. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Sederet tanda kehormatan telah diterima bakal calon presiden Ganjar Pranowo selama menjabat Gubernur Jawa Tengah. Nomor 2 dalam artikel ini adalah Bintang Jasa Utama.

Suami Siti Atikoh Suprianti ini merupakan anak kelima dari enam bersaudara pasangan Parmudji Pramudi Wiryo-Sri Suparmi. Ayahnya seorang anggota polisi purnawirawan berpangkat Letnan Satu (Lettu) Korps Polri yang bertugas di Polsek Kutoarjo.

Pria kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968 ini merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sejauh ini, Ganjar mengantongi dukungan dari empat partai politik (parpol) untuk maju ke Pilpres 2024.





Empat parpol tersebut adalah PDIP, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Ganjar menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode sejak 2013.

Masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah akan berakhir pada 5 September 2023. Lalu, apa saja tanda kehormatan yang telah diterima oleh pria identik dengan rambut putih itu?

1. Satyalancana Pembangunan


Dikutip dari laman resmi Sekretariat Negara, tanda kehormatan ini merupakan Satyalancana Sipil yang derajatnya sama dengan Satyalancana lainnya. Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan tidak berkelas, berpita gantung, dianugerahkan atau diberikan dengan Keputusan Presiden.

Tanda kehormatan ini dapat dianugerahkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan atau warga negara asing (WNA) yang berjasa besar terhadap negara Republik Indonesia. Tujuan pemberian tanda kehormatan ini untuk memberi penghargaan kepada WNI yang berjasa besar terhadap negara dan masyarakat dalam lapangan pembangunan negara pada umumnya atau dalam lapangan pembangunan dalam suatu bidang tertentu pada khususnya.

Sederet Tanda Kehormatan Diterima Ganjar Pranowo, Nomor 2 Bintang Jasa Utama
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)