Tol Palindra Seksi I Target Rampung April 2017

Jum'at, 27 Januari 2017 - 02:14 WIB
Tol Palindra Seksi I Target Rampung April 2017
Tol Palindra Seksi I Target Rampung April 2017
A A A
PALEMBANG - Jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra) dinyatakan bisa dilalui tahun ini. Pihak PT Hutama Karya menjanjikan pada April mendatang seksi I ruas jalan Palembang-Pemulutan sudah bisa dilintasi oleh pengendara.

Meski demikian, Manajer Proyek PT. Hutama Karya (HK) Devisi Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo mengatakan, ruas jalan tersebut baru bisa dilintasi pada siang hari, karena belum terdapat penerangan jalannya. Dikatakannya, ruas jalan seksi I sudah mencapai 65% pada pertengahan Januari ini.

Meski demikian, pekerjaan pada ruas jalan seksi I masih akan dikebut dan akan finishing pada April nanti. “Mudah-mudahan April, rampung seksi I Palindra. Target ini, memang agak telat dari jadwal sebelumnya. Pada awalnya, target di Januari ini,” terang Hasan.

Lebih lanjut dia menerangkan pembangunan tol Palindra sepanjang 24 kilometer (Km) terus dilaksanakan baik seksi I, II dan III. Dalam progresnya, seksi I lebih cepat rampung akibat ketersediaan lahan dan kondisi lahan yang lebih siap dibangun. "Seksi I, Palembang-Pemulutan memang lebih dahulu selesai,” sambungnya.

Dia menambahkan sesi II dan sesi III masih mengalami permasalahan lahan, dimana sesi II menjadi yang paling bermasalah dalam ketersediaan lahan. Berdasarkan data HK pada akhir tahun lalu, progres pembangunan Palindra keseluruhan sudah mencapai 40%.

Menurutnya pengerjaan pembangunan baru bisa dilaksanakan saat status lahan sudah jelas. Permasalahan lahan bukan menjadi kewenangan perusahaan yang mengerjakan pembangunan. “Yang belum itu, lebih karena belum selesai lahannya,” jelas dia.

Pada waktu yang sama, penyelesaian sesi III Palindra yakni sesi KTM Rambutan-simpang Ogan Ilir baru mencapai 36%. Dengan Sesi I dan III ini sudah tahap pengaspalan dan persiapan pengaspalan.

Hasan lebih optimistis penyelesaian tahap I yang dapat diselesaikan pada April mendatang. Setelah bisa dilintasi, Palinda seksi I masih akan dibuka gratis kepada pengendara. Pihak PT HK belum akan menarik retribusi jalan tol pada Palindra.

“Jika belum selesai seluruhnya, belum dibebani retribusi. Perlintasan seksi I, Palembang-Pemulutan nantinya akan dibuat satu pintu masuk sehingga saat dibuka ruas perlintasannya Palembang hingga pintu masuk di Pemulutan,” ucap Hasan.

Menanggapi hal ini, Gubernur Alex Noerdin mengatakan pihaknya masih optimistis jalan tol akan selesai sesuai dengan targetnya pada akhir tahun 2017. Apalagi, status lahan bagi Palindra sudah tidak lagi bermasalah. Menurut dia, Sumsel lebih siap dibangun ruas jalan tol lainnya. “Tidak ada lagi masalah lahan, jika mundur sedikit-sedikit dari target, tidak masalah lah,” ujar Alex belum lama ini.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9320 seconds (0.1#10.140)