alexametrics

Libur Imlek, KAI Daop 1 Operasikan 11 Kereta Tambahan

loading...
Libur Imlek, KAI Daop 1 Operasikan 11 Kereta Tambahan
PT KAI memberi 11 tambahan kereta saat libur Imlek. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 mengoperasikan 11 kereta tambahan. Hal ini guna mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api saat libur Imlek.

Kepala Humas KAI DAOP 1 Suprapto menjelaskan, kereta tambahan tersebut terdiri dari sembilan kereta kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir dan dua kereta kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Kereta tersebut dioperasikan sejak 27-30 Januari 2017.

"Kesebelas kereta tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain Malang, Yogyakarta satu kereta, Solo dua kereta, Surabaya tiga kereta, dan Bandung empat kereta," katanya di Jakarta, Sabtu (28/1/2017).



Menurutnya, minat masyarakat sangat tinggi terlihat dari terjual habisnya tiket kereta di tanggal-tanggal favorit, yakni 27-30 Januari 2017. Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 18.00 WIB kemarin, kereta tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami peningkatan penjualan.

Adapun kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100% untuk keberangkatan Jumat (27/1) yaitu KA Argo Anggrek pagi dan malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Sedangkan untuk kereta keberangkatan hari Sabtu (28/1), KA jarak jauh seperti Argo Dwipangga jurusan Solo, Argo Muria jurusan Semarang Tawang, dan Taksaka pagi jurusan Yogyakarta, serta KA jarak pendek seperti KA Argo Parahyangan keberangkatan pukul 05.00 WIB, 08.30 WIB dan 10.15 WIB jurusan Bandung, juga sudah habis terjual dan mencapai okupansi 100%. Sedangkan untuk KA Argo Jati jurusan Cirebon, KA Tegal Bahari jurusan Tegal dan KA Purwojaya jurusan Cilacap masih tersedia, itupun tersisa rata-rata 20% saja.

Sementara untuk kereta keberangkatan Stasiun Pasar Senen, untuk KA Keberangkatan hari Jumat (27/1) semua KA sudah mencapai 100%. Sedangkan KA untuk keberangkatan hari Sabtu (28/1) untuk KA Fajar Yogya dan KA Gajahwong jurusan Yogyakarta, KA Sawunggalih Pagi dan KA Kutojaya jurusan Kutoarjo, KA Matarmaja, KA Brantas, KA Kertajaya, KA Bengawan, KA Serayu Pagi dan KA Tegal Ekspres sudah habis terjual.

"Kami tetap konsisten dalam kenyaman dan keamanan pengguna jasa, untuk kereta jarak jauh membatasi kapasitas angkut hanya 100% atau tiket dijual sesuai jumlah tempat duduk yang tersedia saja, pada semua kelas (eksekutif, bisnis, ekonomi), pastikan pemesanan tiket sesuai identitas bagi yang akan bepergian. Dan jika identitas tidak sesuai maka tiket dinyatakan tidak berlaku, pastikan jadwal keberangkatan dan tanggal keberangkatan KA dan pertimbangkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun keberangkatan kereta," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak