Bahlil Ungkap Peran Penting Aguan di IKN Nusantara

Senin, 14 Agustus 2023 - 21:48 WIB
loading...
Bahlil Ungkap Peran Penting Aguan di IKN Nusantara
Bahlil Lahadalia ungkap peran Aguan di IKN Nusantara. Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
MALANG - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan investasi di Ibu Kota Nusantara ( IKN ) terus berjalan. Bahkan ia telah mendampingi beberapa investor yang akan berinvestasi di IKN.



Bahlil meyakini bahwa investor mau masuk dengan proses pembangunan yang terus digenjot oleh pemerintah. Salah satu investor yang mengawali minatnya berinvestasi di IKN yakni Sugianto Kusuma alias Aguan, pendiri Agung Sedayu Group, salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia. Sosoknya didapuk untuk memimpin konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di IKN Nusantara.

"Pak Aguan dan beberapa konsorsiumnya untuk melakukan action pembangunan di IKN. Sebab apa? Kita ingin tahun 2024 bulan Agustus seluruh kantor sudah pindah, dan kita merayakan HUT kemerdekaan Indonesia 2024 dan semuanya sudah jalan," ucap Bahlil saat ditemui di Universitas Brawijaya (UB) Malang, pada Senin sore (14/8/2023) usai memberikan materi di PKKMABA UB.

Guna meyakinkan investor masuk, pemerintah disebut Bahlil, telah membangun sejumlah sarana prasarana di IKN, yang disebut masih terus dilakukan. Pembangunan ini disebut dapat meyakinkan investor yang masuk, terutama dari investor dalam negeri terlebih dahulu.

"Kita bangun infrastruktur dan beberapa hotel, beberapa gedung olahraga. Kemudian taman-taman, kafe-kafe, perumahan-perumahan pegawai, rumah sakit, ini yang kita lakukan," ucapnya.

Menteri kelahiran Banda, Maluku, ini menegaskan, nilai investasi total di IKN mencapai Rp500 - 600 triliun. 20% di antaranya dibiayai oleh APBN, dan sisanya dibiayai swasta. Perkiraan untuk rencana investasi di IKN mencapai Rp30-40 triliun dan dijadwalkan groundbreaking pada September 2023.



"Tahap pertama masuk kurang lebih yang sudah dipekerjakan Rp30 -40 triliun ini yang sedang kita kejar sampai 2024," tukasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)