Langkah IFG Memperkuat Pemberdayaan Masyarakat Desa

Senin, 14 Agustus 2023 - 17:32 WIB
loading...
Langkah IFG Memperkuat Pemberdayaan Masyarakat Desa
IFG terus berikan kontribusi ke masyarakat desa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dalam semangat kemerdekaan menyambut HUT Republik Indonesia yang ke-78, Indonesia Financial Group ( IFG ), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi, kembali mengadakan program Kindness to Progress di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.



Kindness to Progress merupakan aksi sosial yang menjadi kontribusi IFG terhadap lingkungan dan masyarakat dengan berbagi pengetahuan dan keterampilan sehingga berdampak positif kepada masyarakat penerima manfaat. Kepala Divisi Pembelajaran dan Budaya Perusahaan IFG, Gita Indriati, mengatakan Kindness to Progress memasuki tahun kedua pelaksanaannya.

Program ini bertujuan agar kompetensi karyawan IFG sebagai aset utama yang dimiliki tidak hanya membuat perusahaan semakin kompetitif, tetapi juga dapat memberikan manfaat nyata dan dampak positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Hal tersebut merupakan salah satu bagian dari internalisasi nilai-nilai corporate value BUMN AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif),” kata Gita di Jakarta, (14/8/2023).

Dalam proyek sosial tersebut, IFG menggunakan pendekatan Sustainable Livelihood Approach (SLF) yang merupakan sebuah pendekatan menyeluruh dalam mengatasi kendala sosial yang paling mendesak yang dihadapi masyarakat dengan menempatkan masyarakat sebagai pusat desain program sosial.

Tidak hanya sebatas melakukan desain proyek sosial, IFG juga menerjunkan langsung sebanyak 24 relawan yang diterjunkan berasal dari campuran anggota karyawan IFG serta mahasiswa yang akan bergabung menjadi 4 (empat) kelompok yang merancang program yang akan berdampak langsung kepada masyarakat.

Projek yang berjalan di antaranya Desa Betah (Desa Sumberejo Terkelola Bersih). Relawan melakukan program pemberdayaan masyarakat di bidang pengelolaan sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Sumberejo dalam pengelolaan sampah.



Dalam implementasinya, tim ini membuat tempat pengelolaan sampah sementara dan melakukan kerja bakti membersihkan sungai bersama warga Sumberejo Selain itu, ada KESMAS OSKAR (Peningkatan Kemauan & Kemampuan Berorganisasi di Karang Taruna OSKAR).

"Pelatihan ini memberikan manfaat bagi karang taruna untuk bisa melakukan promosi potensi Desa Sumberejo, " kata Gita.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5089 seconds (0.1#10.140)