Javier Milei, Capres Mirip Trump di Argentina yang Ganggu Pasar Keuangan

Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:16 WIB
loading...
Javier Milei, Capres Mirip Trump di Argentina yang Ganggu Pasar Keuangan
Javier Milei, menjungkirbalikkan persaingan kursi capres Argentina dengan meraih posisi pertama dalam pemilihan primer pada 13 Agustus 2023. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Javier Milei, seorang pelaku pasar bebas dan orang luar politik menjungkirbalikkan persaingan kursi calon presiden (capres) Argentina dengan meraih posisi pertama dalam pemilihan primer pada 13 Agustus 2023. Pemungutan suara tersebut menentukan para kandidat yang akan bertarung pada pemilu 22 Oktober 2023 mendatang.

Berikut sejumlah fakta tentang Javier Milei, dikutip Washington Post, Selasa (15/8/2023).

1. Bagaimana hasil pemilihan umum primer Argentina?

Pemilihan pendahuluan, di mana para kandidat dari semua partai saling berhadapan dengan kandidat lainnya, memberikan kemenangan mengejutkan bagi Milei, yang memenangkan 30% suara. Kandidat yang mewakili oposisi konservatif meraih 28% suara dan kandidat dari partai kiri-tengah yang berkuasa meraih 27% suara.

2. Siapakah Javier Milei?

Milei adalah seorang ekonom, pembawa acara TV, dan pengikut libertarianisme, sebuah filosofi politik yang menganjurkan intervensi minimal negara dalam perekonomian. Sering dibandingkan dengan mantan Presiden AS Donald Trump, ia menyuarakan kekecewaannya terhadap para politisi arus utama, baik dari sayap kiri maupun kanan, yang membuat negara ini terperosok ke dalam inflasi yang merajalela dan krisis ekonomi secara umum. "Singkirkan mereka semua," adalah salah satu slogan utamanya. Dia secara resmi memasuki dunia politik sebagai anggota parlemen dua tahun lalu.

3. Apa saja usulan Milei?

Proposal utama Milei adalah memangkas pengeluaran pemerintah, menjadikan mata uang negara sebagai dolar AS, menyingkirkan bank sentral, dan membuka perdagangan, kebijakan-kebijakan yang menurutnya akan mengakhiri kekacauan ekonomi yang terus-menerus dan membantu Argentina yang kaya akan sumber daya alam untuk merealisasikan potensinya.

Negara ini menghadapi resesi keenam dalam 10 tahun terakhir dan menghadapi inflasi yang mencapai 100%. Milei juga telah mengambil sikap tegas terhadap kejahatan dan mengusulkan deregulasi pasar senjata api.

Dia ingin mempertimbangkan untuk mengurangi usia minimum untuk memenjarakan anak di bawah umur. Dan dia menyatakan dukungannya terhadap penjualan organ tubuh manusia dan mengutuk aborsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)