Trump Efek Baik untuk Perekonomian Inggris

Senin, 06 Februari 2017 - 14:53 WIB
Trump Efek Baik untuk Perekonomian Inggris
Trump Efek Baik untuk Perekonomian Inggris
A A A
LONDON - Dorongan kepada pasar keuangan sejak pemilihan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dinilai telah membantu perekonomian Inggris. Pernyataan ini disampaikan oleh seorang bankir Bank of England (BoE).

Deputi Gubernur untuk kebijakan moneter BoE Ben Broadbent mengatakan kepada BBC bahwa beberapa rencana ekonomi yang diusung Trump bisa membantu Inggris. Seperti diketahui Negeri Ratu Elizabeth -julukan Inggris- masih berjuang dalam negosiasi untuk keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE) alias Brexit.

Lebih lanjut dia menerangkan Trump telah berjanji untuk memangkas pajak dan meningkatkan belanja AS pada sektor infrastruktur, meski hambatan dalam sektor perdagangan masih menanti. "Pasar keuangan melihat dengan pandangan relatif optimis sejauh ini, apa artinya?" ujar Ben.

"Anda telah melihat peningkatan kepercayaan dalam bisnis khususnya di AS, khususnya di AS. Anda telah melihat pasar keuangan mendapatkan dorongan untuk lebih optimistis dan saya pikir ada beberapa dampaknya kepada kami," sambungnya.

Meski begitu dia menambahkan masih terlalu dini untuk mengetahui secara penuh dampak dari kebijakan Trump. Pasar global mendapatkan dorongan oleh apa yang disebut Trump Efek, ketika investor yakin kepada kebijakan belanja pemerintahan Trump ke infrastruktur dan penurunan pajak perushaan akan mulai membuahkan hasil dan meningkatkan ekonomi AS.

Rencana ekonomi Trump tersebut kemungkinan besar diperkirakan bakal membantu pertumbuhan global. Hal ini mulai terlihat saat indeks saham Dow Jones tembus level 20.000 di akhir Januari 2017 untuk pertama kalinya, dan menjadi bukti kepercayaan investor telah terbangun. Namun pasar saham AS kembali tergelincir di tengah meningkatnya ketidakpastian. Trump diperingatkan untuk sedikit berhati-hati tentang kebijakan yang dikeluarkan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4868 seconds (0.1#10.140)