alexa snippet

Jangan Bekerja Mengejar Uang, Anda Tidak Akan Bahagia

Jangan Bekerja Mengejar Uang, Anda Tidak Akan Bahagia
CEO Apple Tim Cook. Foto/Business Insider
A+ A-
CEO Apple Tim Cook memberi saran kepada mahasiswa di Universitas Glasgow, Skotlandia, yang terobsesi mengejar karir untuk mendapatkan gaji besar. Tim lantas menyarankan agar mahasiswa tersebut memiliki perspektif berbeda soal bekerja.

“Saran saya untuk anda semua, jangan bekerja untuk mengejar uang. Itu akan membuat anda tidak akan pernah merasa cukup dan anda tidak akan pernah bahagia,” ujarnya seperti dikutip CNBC, Jumat (10/2/2017).

Bos Apple menambahkan untuk meraih kesuksesan seperti dirinya, seseorang harus melakukan pekerjaan yang benar-benar ia sukai (passion) dan dapat melayani orang lain. “Jika anda tidak menemukan hal itu, anda tidak akan menjadi sangat bahagia dalam hidup,” pesannya.

Meski demikian Cook tidak menaifkan soal uang. Ia menekankan agar mencari pekerjaan dan dibayar sejalan dengan tujuan hidup anda. “Ada perbedaan besar antara mencintai untuk bekerja dan mencintai pekerjaan. Dan perbedaan itu adalah bekerja hanya untuk keuntungan dan bekerja untuk melayani banyak orang lain,” katanya.

Dia pun mengatakan telah mengikuti keduanya. Namun seiring berjalannya waktu, Cook akhirnya bekerja karena mencintai pekerjaannya dan dapat melayani orang lain dengan baik. Hal ini berbuah sepadan dengan apa yang ia raih. Pada 2016 kemarin, bayaran Cook mencapai USD8,75 juta per bulan atau setara Rp116,41 miliar (estimasi kurs Rp13.304/USD).

Cook menambahkan bahwa ia merasa beruntung dapat bekerja di Apple, dimana ia begitu bergairah dengan pekerjaan tersebut. Meski demikian, ia mengakui tidak semua orang begitu beruntung, mendapat pekerjaan yang ia sukai dan bayaran yang sepadan.

Apa yang disampaikan oleh Tim Cook pun selaras dengan miliarder Warren Buffett dan Bill Gates. Keduanya mengatakan faktor keberhasilan mereka dalam hidup karena memiliki passion dalam pekerjaannya. Sementara itu, pengusaha dan investor Shark Tank, Daymond John mengatakan bahwa bergairah dengan pekerjaan anda merupakan elemen penting dari kesuksesan.



(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top