10 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Statistika, Karier Cerah Bagi yang Suka Hitungan

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 10:08 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Statistika, Karier Cerah Bagi yang Suka Hitungan
Statistika merupakan jurusan kuliah yang sesuai dengan keahlian matematika yang memiliki prospek kerja menjanjika dengan gaji tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan Statistika. Kamu suka matematika atau ilmu hitung-hitungan sejak dini, tidak ada salahnya memilih jurusan yang relevan dengan kemampuan tersebut.

Statistika merupakan jurusan kuliah yang sesuai dengan keahlian matematika kamu.Jika dicermati, prospek kerja lulusan Statistika terbuka lebar dengan peluang gaji tinggi. Supaya kamu lebih yakin masuk jurusan Statistika, simak ulasan 10 prospek kerja lulusan Jurusan Statistika berikut ini:

10 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Statistika

1. Analis kontrol kualitas


Kamu dibutuhkan di sektor industri sebagai penguji kualitas bahan baku, produk setengah jadi, produk jadi, produk tes sampel.

2. Analis riset pasar


Menjadi analis data di pasaran menjadi kebutuhan semua sektor baik perbankan, manufaktur, keuangan, dan lain-lain. Kamu akan memberikan analisa data yang akurat dan memberikan pandangan pada perusahaan sebelum mengambil keputusan. Jangan heran bila analis data yang profesional dengan akurasi tinggi mendapatkan gaji fantastis.

3. Spesialis pemasaran


Keahlian Kamu pada statistika bisa membuatmu menjadi spesialis pemasaran yang bisa membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan lebih tinggi.


4. Peneliti survei


Kamu bisa bekerja di lembaga survei milik pemerintah atau swasta dengan bayaran menarik setiap bulannya.

5. Ahli biostatistik


Kamu bisa menjadi ahli biostatistik yang bekerja di lembaga pemerintah, penelitian kesehatan, perusahaan farmasi, dan masih banyak peluang menarik lain.

6. Aktuaris


Lulusan Statistika bisa menjadi aktuaris atau orang yang ahli dalam manajemen risiko usaha di sektor keuangan, misalnya perusahaan asuransi.

7. Analis anggaran


Perbankan, perusahaan dan badan pemerintah seperti BUMN atau lembaga pemerintah lain membutuhkan lulusan Statistika untuk mengisi posisi analis anggaran. Kamu yang pandai di bidang penghitungan dan pengelolaan anggaran yang tepat di perusahaan segala sektor.


8. Ahli statistik


Menjadi ahli statistik yang bisa bertanggungjawab dalam menyediakan data akurat dan informasi tepat sangat dibutuhkan semua sektor. Jangan heran bila gaji lulusan Statistika kategori junior bisa berkisar 5 jutaan per bulan, sedangkan ahli senior bisa mendapatkan gaji lebih besar tergantung pengalaman.

9. Dosen


Prospek kerja yang cocok untuk lulusan yang memiliki keahlian komunikasi, supel dan ingin berkarir di bidang akademik adalah dosen. Hanya saja Kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 untuk bisa melamar posisi ini.

10. Wirausaha


Keterampilan dan pengetahuan teknis yang Kamu kuasai bisa menjadi bekal mumpuni untuk memulai karir sebagai wirausaha. Kamu yang ahli di bidang spesialis pemasaran, riset pasar dan lain-lain pasti tahu cara meningkatkan peluang penjualan produk atau jasa usaha.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)