Sultan: Pengusaha Lokal Harus Segera Tentukan Arah Investasi

Rabu, 15 Februari 2017 - 05:36 WIB
Sultan: Pengusaha Lokal Harus Segera Tentukan Arah Investasi
Sultan: Pengusaha Lokal Harus Segera Tentukan Arah Investasi
A A A
YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X meminta pengusaha Yogyakarta segera menentukan langkah dalam hal investasi di daerah mereka sendiri. Hal ini berkaitan dengan era baru yaitu dimulainya pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Menurut Sultan, pengusaha Yogyakarta harus lebih fokus dengan NYIA dalam artian pengusaha Yogyakarta harus segera menentukan langkahuntuk berinvestasi. Pasalnya banyak peluang yang bisa dimanfaatkan pengusaha lokal, terutama dalam lingkungan bandara baru. Jika tidak bisa karena terbatas dengan kemampuan, maka solusinya adalah dengan bersinergi.

"Saya tidak ingin Yogyakarta seperti Bali, dimana yang bermain justru paling banyak dari luar. Pengusaha lokal hanya jadi penonton," tuturnya, Selasa (14/2/2017).

Sultan mengungkapkan, peluang investasi di Yogyakarta sangat banyak, terutama terkait dengan pembangunan bandara baru. NYIA memerlukan 589 hektare untuk bangunan inti dan minimal 1.000 hektare lagi untuk pengembangan seperti Aerocity. Adanya Aerocity ini, maka pengusaha lokal harus bisa membidik kira-kira apa yang bisa dijadikan investasi oleh pengusaha Yogyakarta.

Sultan mengatakan, dari 598 hektare yang ada, setidaknya ada ruang sekitar 80 hektare yang berada diantara terminal menuju ke Jalan nasional yang berbentuk semacam boulevard. Area tersebut sudah dibebaskan dan di lokasi ini dimungkinkan untuk investasi.

Seharusnya, pengusaha lokal berkomunikasi dengan PT Angkasa Pura I untuk melakukan kerja sama. Karena selain di ruang aerocity, di terminal yang ada di dalam bandara juga bisa dimanfaatkan oleh investor untuk menanamkan modalnya. Semua itu dilakukan untuk mengurangi agresi pengusaha luar Yogyakarta ke wilayahnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9473 seconds (0.1#10.140)