BTN Salurkan Dana Bansos ke 321 Warga di Denpasar

Kamis, 16 Februari 2017 - 15:40 WIB
BTN Salurkan Dana Bansos ke 321 Warga di Denpasar
BTN Salurkan Dana Bansos ke 321 Warga di Denpasar
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) mendukung penyerahan bansos secara nontunai. Kementerian Sosial bersama Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) melaksanakan penyaluran bansos nontunai PKH Tahap IV Perluasan.

Pada penyaluran Tahap IV Perluasan ini didistribusikan kepada 321 Keluarga penerima manfaat di Denpasar Utara. Bank BTN bersama Himbara sudah menyiapkan ATM khusus untuk mendukung penyaluran PKH ini.

"ATM ini langsung terkoneksi ke bank BUMN lainnya walaupun sekarang warga menerima ATM itu dari Bank BTN," kata Direktur Bank BTN Catur Budi Harto dalam rilisnya, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Menurutnya, penyaluran bansos secara nontunai kepada masyarakat telah diintegrasikan dalam satu kartu combo yang diterbitkan Himbara, yaitu Kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera).

Kartu ini didesain khusus dengan fitur tabungan yang sudah interoperability dan dapat digunakan di mesin ATM empat Bank Himbara yaitu BTN, BNI, BRI, dan Mandiri oleh penerima bantuan.

Dengan kartu ini, masyarakat dapat sekaligus menabung. Masyarakat saat diajak untuk tidak langsung mengambil habis bantuan yang diberikan pemerintah, namun juga dapat ditabung untuk kepentingan jangka panjang.

"Penyaluran bansos nontunai di Kota Denpasar merupakan upaya dari Himbara membantu serta mensukseskan arahan Presiden RI dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui pemberianbantuan sosial dari pemerintah yang disalurkan secara nontunai," tegas Catur.

Pelaksanaan penyalurannya dilakukan melalui agen Bank termasuk e-warong, ATM dan outlet bank. Jaringan outlet bank Himbara saat ini lebih dari 18.000 outlet dan diperkuat dengan 60.000 ATM dan Agen Bank Himbara yang saat ini mencapai lebih dari 165.000 agen yang cukup banyak dan luas. "Sehingga, dapat mengakomodir penyaluran bansos tersebut," imbuh dia.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawarsa mengatakan, bansos nontunai PKH yang dibagikan kepada warga di Denpasar ini tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi.

Menurut Kofifah pada 2016 tahap III dan IV telah disalurkan PKH sebanyak 1,34 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui bank-bank Himbara. Sistem yang dipakai menggunakan kartu yang memiliki multi fungsi, yaitu sebagai e-wallet yang dapat menyimpan data penyaluran bansos PKH nontunai serta berfungsi sebagai kartu tabungan.

Dengan sistem ini, bansos nontunai PKH akan langsung disalurkan ke rekening KPM sesuai kebutuhan dan sisanya dapat ditabung.

"Program subsidi dana nontunai ini pada awalnya disebut Bantuan Langsung Tunai (BLT) lalu diubah menjadi Bantuan Sosial Non Tunai (Bansos Non Tunai). Dana Non Tunai saat ini dikonversikan menjadi Bantuan Sosial Non Tunai," tegas Kofifah.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6527 seconds (0.1#10.140)