Resmikan Tugu Panzer Anoa di PIK 2, KSAD: Ciri Khas Perjuangan dan Kebanggaan

Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:09 WIB
loading...
Resmikan Tugu Panzer Anoa di PIK 2, KSAD: Ciri Khas Perjuangan dan Kebanggaan
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Tugu Panzer Anoa di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Kabupaten Tangerang. Foto/MPI
A A A
TANGERANG - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Tugu Panzer Anoa di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Salembaran, Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang. Peresmian tersebut merupakan serangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI.

Dudung mengapresiasi Kodam Jaya yang telah membangun tugu tersebut. Hal ini menjadi kebanggaan, sebab Panzer Anoa itu merupakan buatan anak bangsa. "Penuh dengan sejarah perjuangan sekaligus menjadi ciri khas dan kebanggaan. Hal ini menunjukkan kebersamaan dan kerja sama yang baik antara jajaran Kodam Jaya dan masyarakat," ujarnya.

Mantan Pangkostrad ini mengatakan, Panzer Anoa ini menjadi kebanggaan karena digunakan oleh pasukan PBB untuk melaksanakan operasi misi perdamaian dunia. "Latar belakang kenapa Anoa menjadi didirikan di sini karena ini merupakan produk dari bangsa Indonesia yang menjadi andalan dan bahkan sudah digunakan di misi-misi perdamaian dalam rangka melaksanakan tugas-tugas operasi," jelasnya.



Selain peresmian Tugu Panzer Anoa, Dudung juga secara simbolis memberikan bantuan kepada masyarakat dan anak stunting. Setidaknya ada ratusan warga dan anak stunting yang mendapatkan bantuan. Selain itu, ada juga lomba perahu hias yang diikuti oleh puluhan peserta. Lomba itu dilaksanakan di Pantai PIK 2, tak jauh dari lokasi peresmian Tugu Panzer Anoa.



Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh Penjabat Gubernur (Pj) DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Pangdam Jayakarta Mayjen Mohamad Hasan mengatakan, Panzer Anoe dibuat agar bisa digunakan diberbagai Medan.

"Monumen Anoa ini suatu kebanggaan bagi pasukan Kodam Jaya yang dibuat oleh anak bangsa. Panzer Anoa diciptakan sesuai dengan kontur Indonesia dan dapat melintasi wilayah NKRI sebaik-baiknya, khususnya dengan Medan yang sangat kuat," jelasnya.

(Irfan Maulana/MPI)

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Tugu Panzer Anoa. Irfan Maulana/ MPI
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)