5 Tanda Bahaya Kolesterol Tinggi yang Bisa Dirasakan pada Bagian Tubuh, dari Kaki hingga Lidah

Selasa, 22 Agustus 2023 - 17:14 WIB
loading...
5 Tanda Bahaya Kolesterol Tinggi yang Bisa Dirasakan pada Bagian Tubuh, dari Kaki hingga Lidah
Kolesterol tinggi memang tidak diketahui waktunya, tetapi tes darah dapat memeriksa kadarnya. Selain itu, kulit, kaki dan lidah bisa menunjukkan gejala kolesterol. Foto/ India.com.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi memang tidak diketahui waktunya, tetapi tes darah dapat memeriksa kadarnya. Selain itu, kulit, kaki dan lidah bisa menunjukkan gejala kolesterol.

Seiring waktu, banyak komponen tubuh yang mungkin mulai menunjukkan indikator kadar kolesterol tinggi , yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke serta sejumlah masalah kesehatan lain yang dapat timbul akibat berkembangnya timbunan lemak di pembuluh darah.



Penumpukan ini dapat menghambat aliran darah di arteri dan menyebabkan pembekuan yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Lalu, apa saja tanda kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala penyakit? Dilansir India.com pada Selasa (22/8/2023), berikut tanda-tanda kolesterol tinggi.

Tanda Peringatan Kolesterol

1. Tanda Kolesterol Tinggi di Kaki

Sensasi mati rasa di tungkai dan kaki mungkin merupakan indikasi kolesterol tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembentukan plak di arteri dan pembuluh darah lainnya telah dimulai. Masalah aliran darah dapat mencegah darah kaya oksigen mencapai lengan dan kaki, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman dan sensasi kesemutan yang aneh.

Kram, luka yang tidak kunjung sembuh dan kaki terasa dingin merupakan indikasi lebih lanjut dari kondisi pada tungkai dan kaki.

2. Tanda Kolesterol Tinggi pada Kuku

Aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk kuku, bisa terhambat ketika kolesterol tinggi menyempit atau menyumbat arteri. Jadi, kuku Anda mungkin menimbulkan garis-garis hitam di bawahnya sebagai akibatnya. Menurut MedlinePlus, garis-garis ini seringkali mengikuti arah perkembangan kuku.

3. Tanda Kolesterol Tinggi di Arteri

Kasus stroke dan serangan jantung adalah dua masalah serius lainnya yang mungkin mengindikasikan penumpukan plak.

Serangan jantung bisa terjadi akibat tersumbatnya arteri yang menuju ke jantung. Arteri otak yang tersumbat dapat menyebabkan stroke. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi sampai salah satu situasi yang berpotensi fatal ini terjadi.

4. Tanda Kolesterol Tinggi di Mata

Mata adalah bagian tubuh lain yang dapat membahayakan kolesterol berlebih. Xanthelasma, yaitu timbunan lemak yang tumbuh di kelopak mata dan berwarna kuning, bisa disebabkan oleh kolesterol tinggi.

5. Tanda Kolesterol Tinggi di Lidah

Kadar kolesterol tinggi juga mungkin berdampak pada lidah. Ketika papila, yaitu benjolan kecil di permukaan lidah membesar dan berubah warna, kondisi yang disebut lidah berbulu ini bisa berkembang.

Anda dapat menurunkan risiko berbagai gangguan medis berbahaya yang terkait dengan kolesterol tinggi secara drastis dengan menyadari gejalanya dan mengambil tindakan untuk mencegah atau mengendalikannya.



Dokter Anda mungkin menyarankan untuk melakukan penyesuaian gaya hidup tertentu, seperti makan lebih sehat, sering berolahraga, atau berhenti merokok.

Jika perlu, mereka juga dapat menyarankan untuk mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Sangat penting untuk memperhatikan saran mereka dan melakukan penyesuaian yang diperlukan jika Anda ingin mengontrol atau menurunkan kadar kolesterol Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)