Biografi Sultan Agung: Kelahiran, Kesaktian, dan Kematiannya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:33 WIB
loading...
Biografi Sultan Agung: Kelahiran, Kesaktian, dan Kematiannya
Sultan Agung dikenal sebagai salah satu raja yang berhasil membawa kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada 1627. Foto/Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta
A A A
JAKARTA - Kisah Sultan Agung Hanyokrokusumo tentu sudah cukup sering didengar. Dia merupakan raja ke-3 Kerajaan Mataram yang sangat disegani pada zamannya.

Saat memerintah Mataram, Sultan Agung berhasil membawa kerajaan menuju era kejayaan. Seiring waktu, Mataram terus berkembang pesat dan menjadi salah satu kerajaan terkuat di Nusantara kala itu.

Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut biografi Sultan Agung yang mencakup kelahiran, kesaktian, hingga kematiannya.

Biografi Sultan Agung dan Masa Pemerintahan di Mataram Islam


Sultan Agung memiliki nama asli Raden Mas Jatmika atau biasa dikenal juga sebagai Raden Mas Rangsang. Dia merupakan putra pertama dari Prabu Hadi Hanyakrawati dan Ratu Mas Adi Dyah Banowati.

Mengutip laman Dinas Kebudayaan Jogja, Sultan Agung lahir di Kotagede pada 14 November 1593 silam. Dia naik takhta sekitar tahun 1613, tepatnya ketika masih berusia 20 tahun.



Di era kepemimpinannya, Sultan Agung berhasil membawa Mataram berkembang pesat dan menjadi kerajaan besar. Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada 1627, tepatnya sekitar empat belas tahun Sultan Agung memimpin kerajaan tersebut

Seiring perkembangannya, Mataram juga memperluas pengaruh dan kekuasaannya. Bahkan, selama kurun 1613-1645 wilayah kekuasaan Mataram Islam telah meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian Jawa Barat.

Berkembang pesatnya Mataram bukan tanpa alasan. Hal ini tak terlepas dari keberadaan Sultan Agung sebagai penguasanya.

Saat era kepemimpinannya, Sultan Agung dikenal dengan berbagai keahliannya di berbagai sektor. Sebut saja seperti bidang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta lain sebagainya. Hal inilah yang mengantarkan peradaban Mataram pada tingkat yang lebih tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6234 seconds (0.1#10.140)