Erick Thohir Dinilai Makin Berpeluang Jadi Cawapres untuk Pilpres 2024

Rabu, 23 Agustus 2023 - 15:04 WIB
loading...
Erick Thohir Dinilai Makin Berpeluang Jadi Cawapres untuk Pilpres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai makin berpeluang menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Foto/Dok MPI/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai makin berpeluang menjadi calon wakil presiden ( cawapres ) untuk Pilpres 2024. Salah satu faktornya karena tren elektabilitas anggota Kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) itu terus naik.

“Kalau kita fokus analisis terhadap tiga nama Erick Thohir, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, yang berpeluang untuk menjadi cawapres itu tentu Erick Thohir ya, kenapa Erick Thohir, karena secara elektabilitas dia lebih unggul dibandingkan dua nama tadi,” ujar Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Salahudin dihubungi, Rabu (23/8/2023).

Grafik elektabilitas Erick Thohir mengalami kenaikan sangat signifikan berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023. Dari simulasi tujuh nama yang dilakukan LSI, Erick mendapatkan dukungan tertinggi, melebihi perolehan suara yang didapatkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.





Di dalam survei LSI tersebut, Erick Thohir berhasil mendapatkan dukungan suara sebesar 21,2 persen. Adapun Ridwan Kamil mencatatkan tingkat perolehan sebanyak 19,6 persen dan Sandiaga Uno dengan 17,5 persen.

Salahudin mengungkapkan, selain elektabilitas yang kuat, Erick Thohir merupakan sosok yang memiliki keterkenalan yang sangat tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Melalui panggung kinerjanya, Erick Thohir dinilai sangat mumpuni menguatkan elektabilitasnya sebagai cawapres.

“Selain elektabilitas ada hal lain yang juga menempatkan Pak Erick Thohir sebagai cawapres yang lebih unggul dibanding dua nama tadi, di antaranya adalah tingkat popularitas dan keterkenalan pada publik itu sangat meluas,” katanya.

Maka itu, Salahudin menegaskan Erick Thohir memiliki peluang yang besar untuk menjadi cawapres menjelang Pilpres 2024. Ia juga meyakini, Erick Thohir mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik pada periode berikutnya.

“Meluas maksud saya tidak hanya pada daerah-daerah tertentu tetapi hampir di seluruh daerah di Indonesia orang tahu siapa Erick Thohir,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)