Dana Otsus Lebih Besar Ketimbang Kontribusi Freeport ke Papua

Sabtu, 25 Februari 2017 - 19:09 WIB
Dana Otsus Lebih Besar Ketimbang Kontribusi Freeport ke Papua
Dana Otsus Lebih Besar Ketimbang Kontribusi Freeport ke Papua
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Satya W Yudha membeberkan kontribusi PT Freeport Indonesia untuk pembangunan di Papua, lebih kecil dibanding kontribusi pemerintah pusat untuk Bumi Cendrawasih.

Sebab, dana yang dialokasikan pemerintah untuk membiayai pelaksanaan otonomi khusus (otsus) jauh lebih besar ketimbang yang diberikan Freeport selama ini.

Dia menyebutkan, kontribusi Freeport dari dividen, royalti dan pajak sepanjang 2015 mencapai USD368 juta atau sekitar Rp5 triliun. Selain itu, raksasa tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut juga mengeluarkan dana untuk gaji karyawan dan pembangunan corporate social responsibility (CSR) sebesar USD3 miliar.

"Tetapi perlu diingat kontribusi langsung tadi itu (berupa dividen, royalti dan pajak) adalah kontribusi kepada Indonesia," katanya di Jakarta, Sabtu (24/2/2017).

Sementara pemerintah pusat, kata politiikus Golkar ini, telah memberikan dana yang jauh lebih besar kepada Papua. Misalnya, dana otsus untuk Papua sendiri mencapai Rp5,6 triliun. Belum lagi anggaran infrastruktur yang digelontorkan pemerintah untuk Papua yang mencapai Rp2,4 triliun.

"Jadi negara memberikan uang ke Papua itu lebih tinggi daripada kontribusi Freeport per tahun. Kita sudah memberikan kontribusi tahun 2017 hampir Rp8 triliun ke Papua," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5030 seconds (0.1#10.140)