China Murka Jepang akan Buang Air Limbah Nuklir Fukushima ke Laut

Rabu, 23 Agustus 2023 - 20:45 WIB
loading...
China Murka Jepang akan Buang Air Limbah Nuklir Fukushima ke Laut
Tangki penyimpanan air yang terkontaminasi berada di PLTN Fukushima Dai-ichi Tokyo Electric Power Co (TEPCO) di Okuma, Fukushima, Jepang. Foto/REUTERS/Tomohiro Ohsumi
A A A
BEIJING - Rencana pemerintah Jepang membuang air limbah dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima ke laut “sangat egois dan tidak bertanggung jawab”.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China Wang Wenbin mengungkapkan itu pada Selasa (22/8/2023).

“Lautan menopang umat manusia. Ini bukan saluran pembuangan air Jepang yang terkontaminasi nuklir,” tegas Wang kepada wartawan pada konferensi pers harian.

Dia menyebut rencana Jepang tersebut, “Tidak dapat dibenarkan, tidak masuk akal, dan tidak perlu.”

“Jepang menempatkan kepentingan egoisnya di atas kesejahteraan jangka panjang seluruh umat manusia,” tegas juru bicara tersebut. “China sangat prihatin dan sangat menentang hal ini.”

“China bermaksud mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi lingkungan laut, menjamin keamanan pangan dan menjaga kehidupan dan kesehatan masyarakat,” papar Wang, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sebelumnya pada Selasa, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengumumkan pembuangan air limbah ke Samudera Pasifik akan dimulai pada tanggal 24 Agustus, “jika kondisi cuaca memungkinkan.”

Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo (TEPCO) selama dua tahun telah meminta persetujuan untuk mulai membuang air dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Dai-Ichi, yang lumpuh akibat gempa bumi dan tsunami tahun 2011.



PLTN tersebut memproduksi 100 meter kubik air radioaktif setiap hari, untuk menjaga reaktornya agar tidak meleleh, dan TEPCO kehabisan tempat penyimpanan di lokasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)